Gunung Lokon Meletus

Peringatan Kemenhub: Lokon Meletus, Maskapai Diminta Waspada

Kementerian Perhubungan kembali menerbitkan notice to airman (Notam) terkait meletusnya Gunung Lokon di Tomohon,

Peringatan Kemenhub: Lokon Meletus, Maskapai Diminta Waspada
TRIBUNMANADO/ANDREW PATTYMAHU
TRIBUNMANADO.CO.ID-Kementerian Perhubungan kembali menerbitkan notice to airman (Notam) terkait meletusnya Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara. Sebab pada Jumat ( 15/7/2011), ketinggian abu vulkanik telah mencapai 150.000 feet dari sebelumnya 50.000 feet. Pada intinya, semua penerbangan yang melewati kawasan tersebut harus berhati-hati bahkan menghindar. 

Hal tersebut dinyatakan dalam Notam Nomor A0945/11. Sebelumnya, Senin kemarin diterbitkan Notam Office Ditjen Perhubungan Udara Nomor A0920/11. Dalam Notam, zona berbahaya dari letusan gunung tersebut adalah 10 Nautical Mile sekitar 18,52 km dari Gunung Lokon. Pengaruh debu vulkanik Gunung Lokon pada Ashtam Nomor 0032 /11 adalah orange yang berarti semua penerbangan yang melewati kawasan tersebut harus siaga. 

"Kementerian Perhubungan, akan selalu memantau Gunung Lokon. Untuk memberi peringatan terhadap keselamatan penerbangan kita," kata juru bicara Kementerian Perhubungan, Bambang S Ervan, Jumat siang. 

Peningkatan status pada Notam tersebut sebagai tindak lanjut peristiwa pada Kamis (14/7) pukul 22.45 WIB di mana terjadi letusan besar Gunung Lokon dengan lontaran material pijar, pasir, dan menyebabkan kebakaran hutan di sekeliling gunung.  Sebelumnya, Gunung Lokon meletus dua kali yaitu pada Senin (11/7/2011) pukul 00.39 WITA dan 00.50 WITA. Saat ini status Gunung Lokon ditingkatkan dari level waspada (III) menjadi awas (IV). Sebelumnya, Gunung Lokon menyemburkan abu vu lkanik pada Rabu (23/3/2011).

Semburan Gunung Lokon (1.689 meter di atas permukaan laut), sempat mencapai Kota Manado dan Kabupaten Minahasa. Keduanya, berjarak 30 kilometer dari Tomohon di mana gunung itu berada.

Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved