Mata Lokal Memilih

279 Anggota PPS untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Sitaro Sulawesi Utara Dilantik

Sebanyak 279 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian Hermanses/Tribun manado
Penandatanganan berita acara pelantikan anggota PPS di Kabupaten Sitaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebanyak 279 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) resmi dilantik, Selasa (24/1/2023).

Jumlah tersebut terdiri dari tiga orang anggota PPS di setiap kelurahan dan kampung yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Pelantikan lembaga ad hoc yang akan bertugas selama 15 bulan kedepan itu berlangsung di tiga lokasi berbeda, masing-masing di Aula Kecamatan Siau Barat, Aula Resort GMIST Siau Timur, Aula Kecamatan Tagulandang.

Meski berbeda tempat, namun waktu pelantikan dilaksanakan serentak, dimana untuk pelantikan di Aula Kecamatan Siau Barat dilakukan secara langsung, dan di dua lokasi lainnya dilaksanakan secara virtual.

Ketua KPU Sitaro, Stevanus Kaaro yang mengambil sumpah dan melantik anggota PPS Sitaro itu menegaskan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian selama menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu.

"Pertama perihal integritas kita. Ini yang harus kita jaga bersama. Jangan sampai ada lagi yang bertanya, apa itu integritas," tegas Kaaro dalam sambutannya.

Selanjutnya ia menyentil tentang sikap dan perilaku seluruh anggota PPS yang harus dijaga selama mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai penyelenggara pemilu ditingkat kecamatan.

"Sikap dan perilaku bapak ibu sebelum dilantik PPS, misalnya ada yang kurang berkenan tolong dirubah. Jadi tolong jaga sikap dan perilaku," lanjutnya.

Sebagai bagian dari penyelenggara pesta demokrasi yang diwajibkan bersikap netral, anggota PPS juga diingatkan untuk tidak terlibat dalam pertemuan yang dapat menimbulkan penilaian buruk di tengah masyarakat.

"Termasuk menghindari pertemuan-pertemuan yang mengundang persepsi publik, misalnya tidak baik. Ini secara umum ya bapak ibu," ungkap Kaaro.

Dia menambahkan tentang waktu kerja penyelenggara pemilu yang tidak mengenal waktu libur.

"Tidak ada tanggal merah atau waktu libur bagi jajaran penyelenggara pemilu. Semua tanggal pada kalender itu berwarna hitam," beber Kaaro.

Pasca dilantik, ke 279 anggota PPS tersebut langsung diberikan bimbingan teknis menyangkut tugas pokok dan fungsi mereka sebagai penyelenggara pemilu.

Selain jajaran Komisioner KPU, hadir pula pada acara tersebut antara lain Asisten I Sekda Sitaro, Novia Tamaka mewakili Bupati, Ketua Bawaslu Sitaro Fidel Malumbot dan perwakilan pimpinan TNI dan Polri. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved