Bitung Sulawesi Utara

Bitung Sulawesi Utara Satu-Satunya Daerah di Indonesia yang Berbagi Daging untuk Kendalikan Inflasi

Membagikan daging hewan ternak, sapi dan babi dilakukan Pemerintah Kota Bitung dibawa pimpinan Wali Kota Bitung.

tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere
Bitung Sulawesi Utara Satu-Satunya Daerah di Indonesia yang Berbagi Daging untuk Kendalikan Inflasi 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kota Bitung di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), adalah Daerah pertama di Indonesia yang melakukan pengendalian inflasi dengan cara menarik.

Membagikan daging hewan ternak, sapi dan babi dilakukan Pemerintah Kota Bitung dibawa pimpinan Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Walikota Hengky Honandar SE.

Daging-daging tersebut dibagikan kepada masyarakat Kota Bitung, yang merayakan hari raya keagamaan.

Agus Wijayanto Ditangkap Densus 88 Antiteror di DIY, Punya Dua Bom Rakitan, Diduga Simpatisan ISIS

Aksi bagi-bagi daging ini dimulai saat perayaan hari Natal dan Tahun baru, lalu perayaan tahun baru Imlek dan akan berlangsung di hari raya Idul Fitri dan idul kurban tahun 2023.

Dari data yang berhasil dihimpung Tribunmanado.co.id, total untuk penyaluran daging babi saat Natal dan Tahun baru sebanyak 40 ribu kilogram (Kg) dan sapi 8.000 Kg.

Setiap penerima mendapat masing-masing 1 kg daging.

“Sedangkan penyaluran daging babi ke masyarakat Budha dan Konghuchu, yang merayakan Imlek sebanyak 109 kg budha dan 51 Kg konghuchu,” kata Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bitung Steven Prok, Minggu (22/1/2023).

Steven berharap, dengan cara seperti ini mampu menekan inflasi dan bantuan daging hewan ternak yang telah dibagikan jangan dilihat dari banyaknya, melainkan bisa membantu kebutuhan masyarakat saat berhari raya.

Aksi bagi-bagi daging sapi dan kambing, akan kembali berlanjut pada perayaan hari raya Idul Fitri tahun 2023 dan hari raya kurban.

Terpisah Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM, dalam rangka pembagian daging kepada masyarakat yang akan merayakan hari raya keagamaan dalam hal ini Idul Fitri sampai Idul Adha tahun 2023 pihaknya sudah siap.

“Ada sapi dari pemerintah Kota, untuk semua mesjid dan lainnya, belum termasuk MUI, NU dan organisasi lainnya.

Kami sudah rencakan anggarannya untuk ini, agar ada keadilan diantara kita,” kata Maurits Mantiri saat membawakan sambutan di pelantikan Pengurus KKS, IWSS dan IPSS Kota Bitung Sabtu (21/1/2023) kemarin.

Menurut Maurits, bagi-bagi daging ini adalah kerja untuk menjaga inflasi sesuai dengan apa yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved