Bitung Sulawesi Utara

Capai 126 Persen Penerimaan Pajak, Maurits Mantiri Dapat Penghargaan dari DJP KPP Pratama Bitung

Penghargaan diberikan di SH Sarundajang Hall Kantor Wali Kota Bitung, Senin 16 Januari 2023 kemarin.

HO
Capai 126 Persen Penerimaan Pajak, Maurits Mantiri Dapat Penghargaan dari DJP KPP Pratama Bitung. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kota Bitung satu di antara 15 Kabupaten Kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang mendapat penghargaan oleh  Direktorat Jendral Pajak (DJP).

Penghargaan itu diterima Wali Kota Ir Maurits Mantiri MM didampingi Wakil Walikota Hengky Honandar SE dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bitung Ir Ignatius Rudy Theno ST MT.

Penghargaan diberikan di SH Sarundajang Hall Kantor Wali Kota Bitung, Senin 16 Januari 2023 kemarin.

Penyerahan penghargaan dari DJP ke Kota Bitung oleh Kepala KPP Pratama Kota Bitung Yul Heriawan, atas kontribusi dan kerjasamanya dalam mendukung pencapaian 100 persen penerimaan pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bitung tahun 2022.

“Jadi penghargaan dari kantor pajak pratama, karena kami capai pajak sampai 126 persen dari target 100 persen.

Ini karena program mulai terdigitalisasi, seperti yang disampaikan Kepala KPP Pratama Kota Bitung Yul Heriawan,” kata Wali kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM, Selasa (17/1/2023).

Menurut Maurits, dengan digitalisasi seperti yang disampaikan Kepala KPP Pratama Kota Bitung Yul Heriawan kerja jadi mudah dan terukur apalagi lewat kerja sama dengan Badan Pertanahan, Bank SulutGo serta Bapenda para wajib pajak bisa langsung membayarkan secara online.

Digitalisasi menurut Maurits, adalah trobosan baru yang perlu ditopang agar dapat mendukung program visi dan misi pemerintah Kota Bitung di sisa periode kepemimpinan ini.

Bicara mengenai penghargaan, Maurits tidak ingin hanya sebata diatas kertas saja. Harus benar-benar sesuai dengan realita dan kondisi yang ada di Kota Bitung.

Ia memberi contoh, tentang penghargaan Adipura percuma saja kalau hanya saat aka nada penilaian baru kota ini terlihat bersih setelah penghargaan di terima kota menjadi kotor.

“Diperlukan mainset berpikir dari seluruh element masyarakat dan pemerintah bahwa, kebersihan itu bukan nanti ada saat penilaian, melainkan sudah menjadi kebiasaan yang terus menerus dilakukan,” kata dia.

Begitu juga dengan penghargaan lainnya, jika hanya sebatas di atas kertas Maurits sempat bekelakar akan merobek penghargaan itu.

Terkait dengan penghargaan yang diterima Wali Kota Bitung, menurut Kepala KPP Pratama Kota Bitung Yul Heriawan atas capaian target penerimaan pajak di tahun 2022 kemarin.

Lalu pada tahun ini juga, akan diliat sejauh mana capaian dari Kota Bitung.

Diterimanya penghargaan itu, tak lepas dari kerja sama antara kantor KPP Pratama Kota Bitung dengan Pemkot Bitung, menurut kepala KPP Pratama Kota Bitung Yul Heriawan, sudah sejak tahun-tahun sebelumnya.

Pihaknya juga, saling melakukan koordinasi dan berikan informasi mengenai pembayaran pajak.

“Saat ini pihaknya tengah konsen pada validasi NIK NPWP, karena kedepan NPWP sudah diganti dengan NIK sehingga semua wajib pajak menggunakan NIK dan terkait ini sudah dibicarakan dengan Wali kota Bitung,” jelas Yul Heriawan. (crz)

Baca berita lainnya di: Google News.

Berita terbaru Tribun Manado: klik di sini. 

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved