Sangihe Sulawesi Utara

Cuaca Buruk, Sejumlah Rumah Warga di Sangihe Sulawesi Utara Rusak Diterjang Ombak

Sejumlah rumah warga rusak dan hilang di Kelurahan Santiago, Kecamatan Tahuna, Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara diterjang ombak

Penulis: Nelty Manamuri | Editor: Chintya Rantung
Nelty/Tribun Manado
Rumah warga di Kelurahan Santiago, Kecamatan Tahuna, Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara rusak diterjang ombak. 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Cuaca buruk yang terjadi sejak 10 Januari 2023 lalu, mengakibatkan Sejumlah rumah warga rusak di Kelurahan Santiago, Kecamatan Tahuna, Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara diterjang ombak.

Irene Gaghana salah satu anggota DPRD Sangihe mengambil langka awal dengan menampung warga yang terkena dampak bencana untuk menempati rumahnya yang juga tak jauh dari lokasi bencana.

"Saya tentunya prihatin dengan kejadian yang menimpa warga, melihat kondisi ini tentunya kita sebagai manusia tergerak untuk saling membantu," Ucap Politikus fraksi Golkar tersebut.

Dengan kondisi tersebut, tentunya selaku perwakilan rakyat Irene terus berkoodinasi dengan pemerintah daerah terkait dengan tempat tinggal para warga.

"Tentunya kita melakukan koordinasi dengan Pemerintah daerah dalam hal ini Dinas BPBD, baik itu dari tempat tinggal ataupun bantuan-bantuan lainya yang layak mereka dapatkan," beber Gaghana sembari memantau lokasi bencana.

Kencangnya ombak yang menerjang pemukiman warga Santiago sehingga membuat tanggul penahan ombak hancur.

Pihak Pelabuhan Nusantara Tahuna Sangihe Sulawesi Utara Tak Izinkan Kapal Berlayar

Cuaca buruk yang terjadi sejak Selasa (10/01/2023) hingga Kamis (11/01/2023) di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara, mengakibatkan kapal Manado-Tahuna tidak masuk ke Pelabuhan Nusantara Tahuna.

Hal ini dibenarkan Kepala Kantor UPP Kelas II Tahuna Hopreit Balirangen melalui Kordinator Tim Sosial Media Response Meifrid Palenewen.


“Akibat cuaca buruk, pelayaran kapal penumpang dari Manado-Tahuna tidak diizinkan, sehingga sampai hari ini (Kamis,(12/01/2023) tak ada kapal masuk di Pelabuhan Nusantara Tahuna,” jelas Palenewen.

Lanjut dia, akibat ombak yang cukup besar pihak otoritas Pelabuhan Manado, tidak mengeluarkan izin berlayar bagi kapal penumpang tujuan Tahuna.

“Kami juga mengimbau kepada warga yang hendak berangkat, agar mengurungkan niat hingga cuaca laut normal kembali,” ujar Meifrid.

Dia juga menambahkan, pihaknya juga tidak akan mengeluarkan izin berlayar jika cuaca masih buruk.

“Jika kondisi laut masih belum memungkinkan untuk dilakukan pelayaran, maka selama itu kami belum akan mengeluarkan izin berlayar,” kuncinya. 

Baca berita lainnya di: Google News.

Berita terbaru Tribun Manado: klik di sini. 

Baca juga: Informasi Harga Daging di Pasar Bersehati Manado Sulawesi Utara, Kamis 12 Januari 2023

Baca juga: PSI Tomohon Salurkan Bantuan Sembako di Panti Lanjut Usia Lidia dan Panti Asuhan Wale Ne Oki

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved