Banjir di Sitaro

Pasca Banjir Bandang, Bupati Sitaro Evangelian Sasingen: Kebutuhan Warga Terdampak Harus Dipenuhi

Berbagai langkah langsung diambil Pemerintah Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dalam menanggulangi bencana banjir bandang

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Istimewa.
Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Berbagai langkah langsung diambil Pemerintah Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dalam menanggulangi bencana banjir bandang di Kecamatan Siau Timur Selatan (Sitimsel).

Selain membuka akses jalan yang sebelumnya tertutup material banjir, pemerintah daerah juga langsung melakukan penyaluran bantuan bagi para warga yang terdampak.

Tak hanya itu, untuk pemenuhan layanan kesehatan pasca bencana bagi warga terdampak, Dinas Kesehatan juga telah menyiagakan petugas di dua posko pengungsian di Kampung Bandil Kecamatan Sitimsel.

Langkah-langkah itu diambil sebagaimana perintah Bupati Evangelian Sasingen pasca mengetahui adanya bencana banjir bandang yang melanda dua wilayah di Kecamatan Sitimsel.

"Saya langsung meminta jajaran pemerintah daerah untuk melakukan penanganan cepat. Kebutuhan warga yang terdampak harus dipenuhi segera," kata bupati, Rabu (21/12/2022).

Atas nama pemerintah dan keluarga, ia pun menyampaikan rasa dukacita dan keprihatinan yang mendalam atas peristiwa yang menelan satu korban jiwa tersebut.

"Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kemampuan dalam menghadapi pergumulan ini," ujar Sasingen.

Terkait langkah evakuasi yang dilakukan, Sasingen menerangkan hal itu perlu dilakukan mengingat kondisi cuaca di wilayah Siau termasuk Kecamatan Sitimsel yang belum normal.

"Jika dilihat saat ini, cuaca masih belum normal. Potensi hujan masih sangat mungkin terjadi. Makanya kita ungsikan sementara warga yang rumahnya terdampak banjir bandang," lanjutnya.

Saat melakukan penyaluran bantuan pada Selasa kemarin, Sasingen terus mengingatkan kepada warga yang berada di pengungsian untuk mengikuti setiap anjuran atau petunjuk yang diberikan pemerintah.

Hal ini diperlukan guna meminimalisir dampak-dampak buruk akibat peristiwa bencana yang berpotensi terjadi di tengah ancaman cuaca buruk saat ini.

"Kepada stakeholder terkait, saya juga sudah mengingatkan agara tetap standby di tengah kondisi cuaca buruk saat ini. Jadi bukan hanya di wilayah Sitimsel, semua wilayah aparatnya harus siaga," imbau politisi PDI Perjuangan itu.

Berdasarkan catatan yang diperoleh tribunmanado.co.id dari BPBD Sitaro diketahui sebanyak delapan rumah terdampak banjir bandang di Kampung Bandil.

Dua dari delapan rumah tersebut mengalami kerusakan sedang hingga berat dan telah diverifikasi oleh petugas BPBD guna keperluan penyaluran bantuan stimulan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved