Banjir di Sitaro

Pasca Banjir, Akses Jalan di Kampung Bandil Kecamatan Sitimsel Sitaro Sulawesi Utara Kembali Terbuka

Akses jalan yang menghubungkan Kampung Bandil dan Kampung Biau Kecamatan Siau Timur Selatan Kabupaten Siau Tagulandang Biaro

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
IST
Proses pembersihan material banjir dari badan jalan dengan menggunakan alat berat. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Akses jalan yang menghubungkan Kampung Bandil dan Kampung Biau Kecamatan Siau Timur Selatan Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) akhirnya kembali terbuka.

Jalan yang sebelumnya tertutup material banjir bandang berupa bebatuan, pasir hingga lumpur itu berhasil dibuka Senin (18/12/2022) sekitar pukul 00.30 Wita.

Kini, akses satu-satunya yang menghubungkan Kecamatan Sitimsel dan Kecamatan Sibarsel dari arah selatan itu sudah bisa dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Proses pembersihan pun memakan waktu berjam-jam, yakni sejak Minggu sore sekitar pukul 16.30 Wita, sesaat setelah hujan deras mereda di sekitar lokasi banjir bandang.

Warga dibantu aparat kepolisian dari Polres Kepulauan Sitaro dan Polsek Sitim serta petugas TNI dari Kodim 1301 Sangihe saling bergotong royong membersihkan material yang menenuhi badang jalan.

Selain membersihkan badan jalan, sebagian warga bersama aparat juga membersihkan material banjir yang masuk ke beberapa rumah warga.

Tepat pukul 18.30 Wita, sebuah alat berat jenis louder milik salah satu perusahaan di Sitaro tiba di lokasi bencana banjir bandang dan langsung melakukan proses pembersihan.

"Jadi proses pembersihan material ini cepat terlaksana karena ada satu alat berat yang didatangkan untuk membantu jalannya pembersihan," kata Roniman Sumelung, Kepala Kampung Bandil.

Dia menambahkan, hingga kini sejumlah warga yang rumahnya terdampak material banjir bandang masih melakukan pembersihan di rumah masing-masing.

"Kami pemerintah kampung akan merampungkan data korban terdampak bencana yang selanjutnya akan melaporkan ke pemerintah daerah," sambungnya.

Sebelumnya, dua Kampung di Kecamatan Sitimsel, masing-masing Sawang dan Bandil dilanda banjir bandang pada Minggu siang.

Peristiwa itu dipicu hujan berintenitas sedang hingga lebat serta adanya dugaan puting beliung yang menghantam daerah tersebut.

Dalam kejadian itu, satu warga Kampung Sawang dilaporkan meninggal dunia serta beberapa rumah warga mengalami kerusakan akibat hantaman material banjir bandang. (HER)

Baca berita lainnya di: Google News.

Berita terbaru Tribun Manado: klik di sini 

Baca juga: Daftar Lengkap Man of the Match Piala Dunia 2022, Alasan Lionel Messi Raih Status Pemain Terbaik

Baca juga: Penghargaan Piala Dunia 2022: Enzo Pemain Muda Terbaik, Mbapee Top Skor hingga Messi Pemain Terbaik

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved