RHK Jumat 2 Desember 2022

RENUNGAN HARIAN KELUARGA - Maleakhi 3:4 Berilah Yang Terbaik

Tanggung jawab sebagai pelayan mezbah yang dipercayakan Tuhan Allah khusus kepada kaum Lewi. Teladan hidup yang tidak benar dalam melayani

Penulis: Aswin_Lumintang | Editor: Aswin_Lumintang
pixabay.com
Bacaan Alkitab 

Maleakhi 3:4
Maka persembahan Yehuda dan Yerusalem akan menyenangkan hati TUHAN seperti pada hari-hari dahulu kala dan seperti tahun-tahun yang sudah-sudah.
----------------------------------

Kisah Kain dan Habel, Pembunuhan Usai Kejatuhan Manusia, Iri Hati Karena Korban Persembahan
Kisah Kain dan Habel, Pembunuhan Usai Kejatuhan Manusia, Iri Hati Karena Korban Persembahan (istimewa)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Keluarga Kristen yang dikasihi dan diberkati Tuhan Yesus.

Tanggung jawab sebagai pelayan mezbah yang dipercayakan Tuhan Allah khusus kepada kaum Lewi. Teladan hidup yang tidak benar dalam melayani mezbah Tuhan yang ditunjukkan oleh orang lewi mempengaruhi kehidupan umat Tuhan Allah memberikan persembahan saat beribadah. Mereka menahan persembahan yang seharusnya diberikan kepada Tuhan Allah.

Baik persembahan khusus maupun persembahan persepuluhan, bahkan mereka mempersembahkan korban yang tidak layak di mezbah Tuhan. Perilaku pemimpin umat tidak mencontohkan yang baik dan benar dalam memberi persembahan adalah gambaran hidup yang tidak menghormati Tuhan Allah.

Sebagai orang percaya, marilah kita berupaya mempersembahkan yang terbaik bagi Tuhan Allah. Memberi yang terbaik adalah melakukan pelayanan dengan penuh ketaatan dan tanggung jawab yang mendayagunakan segenap potensi dan talenta kita bagi kemuliaan Tuhan Allah. Bukan untuk memegahkan dan menyombongkan diri. Memberi yang terbaik adalah juga dengan memberi persembahan sebagai tanda syukur atas kebaikan Tuhan Allah dalam hidup kita.

Keluarga Kristen yang dikasihi dan diberkati Tuhan Yesus.

Ada banyak alasan kita untuk tidak memberi persembahan kepada Tuhan Allah antara lain karena berpikir “Tuhan pasti mengerti kalau saya tidak memberi persembahan karena saya masih kekurangan”, “saya lagi banyak kebutuhan”, “nanti kalau so berkelimpahan baru kita kase persembahan”. Di sisi lain pengelolaan persembahan yang tidak tertata secara baik bisa menghambat niat jemaat untuk memberi. Oleh sebab itu kita juga bertanggung jawab mendoakan mereka yang dipercayakan mengelola persembahan agar digunakan secara baik, benar dan bertanggung jawab.

Baca juga: BACAAN ALKITAB - Maleakhi 3:3 Dimurnikan dan Ditahirkan Allah

BACAAN ALKITAB - Maleakhi 3:1a Utusan Tuhan Mengajak Umat Berdoa dan Bertobat

Bagi keluarga beriman memberi persembahan adalah gaya hidup atau “Life style” pengikut Tuhan Yesus. Tuhan Yesus sendiri pernah berkata “Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima” (Kis. 20:35).

Memberi persembahan atas keyakinan bahwa Tuhan Allah yang empunya kehidupan dan lebih dahulu memberi yang terbaik bagi umat-Nya. Selain memberi persembahan secara materi, maka jadikanlah kehidupan pelayanan, karya, usaha, pemberian diri, tenaga, waktu, talenta, potensi, karunia, keahlian dan kemampuan kita menjadi persembahan yang hidup, yang benar sebagai tanda ucapan syukur. Amin.

DOA: Ya Tuhan Allah. Ajarlah kami terus bertumbuh dalam iman, tahu memberi yang terbaik bagi hormat dan kemuliaan nama-Mu. Sehingga kami semakin hari semakin memiliki sikap hati dan perilaku yang menyenangkan-Mu. Amin.

Sumber: Tribun Manado
  • Berita Terkait :#RHK Jumat 2 Desember 2022
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved