Bursa Capres

Pengama: Kedekatan dengan Jokowi Pengaruhi Elektabilitas Erick Thohir, Menguat di Posisi Cawapres

Menjadi menteri kesayangan dan terbaik dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai Pengamat Politik Usep S. Achyar mempengaruhi elektabilitas

Editor: Aswin_Lumintang
Kolase Tribun Manado/Istimewa/HO
Erick Thohir Ajak John Terry dan Alessandro Nesta ke Mall Sarinah, Belikan Barang Hasil Kerajinan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Menjadi menteri kesayangan dan terbaik dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai Pengamat Politik Usep S. Achyar mempengaruhi elektabilitas dari Menteri BUMN Erick Thohir di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Orang nomor satu di Kementerian BUMN ini bahkan tidak hanya memiliki kedekatan profesional namun juga personal dengan Presiden Jokowi.

“Kedekatan dengan Presiden Jokowi sangat pengaruh ke elektoral ya,” kata Achyar, dalam keterangannya, Jumat (2/12/2022).

Prabowo Subianto-Erick Thohir Raih Polling Tertinggi Pasangan Capres Simulasi Pilpres 2024 Versi IPS
Prabowo Subianto-Erick Thohir Raih Polling Tertinggi Pasangan Capres Simulasi Pilpres 2024 Versi IPS (Kolase Tribunmanado (HO))

Dia menjelaskan hubungan yang dimiliki oleh Presiden Jokowi dan Erick Thohir sudah terbangun sejak lama.

Kedekatan ini terbangun sejak Eks Presiden Inter Milan tersebut diamanahkan untuk menyelenggarakan Asian Games 2018.

Erick Thohir kemudian berhasil menyelenggarakan acara tersebut sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 dan berhasil mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia. Setelah itu ia kembali diberikan amanah sebagai Ketua TKN Jokowi 2019. 

Sebagai Ketua TKN Jokowi 2019, Erick Thohir berhasil mengantarkan Presiden Jokowi menjadi orang nomor satu di Indonesia untuk periode ke dua.

Ia kemudian diganjar dengan posisi sebagai Menteri BUMN.

Baca juga: Chord Gitar dan Lirik Lungamu Ninggal Kenangan 2 - Dike Sabrina: Langit Peteng Katon Mendung

Baca juga: Chord Gitar Lagu Usai - Tiara Andini: Usai Sudah Semua Cerita

Di Kementerian BUMN, Erick Thohir kembali banyak menuai keberhasilan saat menjalankan penugasan dari Presiden Jokowi. Ia termasuk salah satu pemimpin yang berkontribusi dalam hal penanggulangan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

 
Dengan berbagai keberhasilan tersebut, hubungan antara Erick Thohir bersama Presiden Jokowi menjadi lebih intim. Kini Erick Thohir sedang diberikan kepercayaan untuk menjadi Ketua Panitia Penyelenggara Pernikahan Kaesang Pangarep dan Pesta Rakyat Kota Solo.

“Kedekatan kekeluargaan ini sangat berpengaruh, tidak hanya kedekatan profesional namun juga kekeluargaan yang dimiliki oleh Erick Thohir bersama Presiden Jokowi,” kata Achyar.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil survei terbaru dari Indikator Indonesia, Erick Thohir mengalami tren kenaikan elektabilitas dari bulan Juni lalu hingga saat ini. Terekam, di bulan Juni 2022 Erick Thohir memiliki elektabilitas sebesar 8,5 persen.

Kini, berdasarkan hasil survei Indikator dalam simulasi 18 nama, sebanyak 9,6 persen responden menginginkan Erick Thohir sebagai cawapres. 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pengamat Nilai Menteri Kesayangan Jokowi Pengaruhi Elektabilitas Erick Thohir, https://www.tribunnews.com/nasional/2022/12/02/pengamat-nilai-menteri-kesayangan-jokowi-pengaruhi-elektabilitas-erick-thohir.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved