RHK Jumat 2 Desember 2022

BACAAN ALKITAB - Maleakhi 3:4 Persembahan yang Baik dan Benar

Jika Allah berjanji memurnikan, menahirkan dan menyucikan, maka Dia pasti melakukannya secara sempurna. Dia selalu setia dengan janji-Nya

Penulis: Aswin_Lumintang | Editor: Aswin_Lumintang
Kolase Tribun Manado/Foto: Wikibuku
Kisah Kain dan Habel, Iri Hati Persembahan Tak Diterima Tuhan Sampai Rela Membunuh Adiknya 

  Maleakhi 3:4
TRIBUNMANADO.CO.ID - Jika Allah berjanji memurnikan, menahirkan dan menyucikan, maka Dia pasti melakukannya secara sempurna. Dia selalu setia dengan janji-Nya sebab tidak ada janji Allah yang gagal, sekalipun manusia terkadang berusaha menggagalkan karena ambisi menguasai bumi oleh keserakahan manusia sendiri. Tapi Allah tetaplah penuh kasih, setia dan konsisten menepati janji-Nya.

Itulah juga yang dilakukan Allah kepada bangsa Yehuda dan Yerusalem, ketika bangsa itu bertobat dan berbalik menjadi setia dan taat pada-Nya. Sebab Tuhan selalu punya rancangan yang indah dan terbaik bagi setiap umat manusia yang mau hidup berkenan kepada-Nya dan mau bersedia melayani Dia dan melakukan segala firman-Nya.

Renungan: Persembahan yang Berkenan
Renungan: Persembahan yang Berkenan (Istimewa)

Allah akan memurnikan dan menyucikan umat-Nya, sehingga mereka hidup dalam kebenaran Allah, dan memberikan persembahan yang baik dan benar kepada Allah, tidak seperti yang mereka lakukan selama ini yang menyakiti hati Tuhan.

Sebab selama ini mereka memberikan persembahan asal-asalan dan terkesan sisa-sisa dari apa yang mereka punya. Mereka mengabaikan Tuhan dan mementingkan keinginan dan hawa nafsu dunia mereka.

Mereka akan memberikan persembahan yang terbaik, bukan yang pincang dan bercacat atau dari yang terjelek dari kepunyaan mereka. Tapi sesuai dengan yang mereka lakukan pada waktu-waktu yang lalu. Jadi harus mengutamakan Tuhan dari apapun juga. Karena Tuhan sudah lebih dahulu memberikan yang terbaik bagi mereka.

Memberikan persembahan yang terbaik di sini maksudnya adalah umat Tuhan akan selalu mendahulukuan Tuhan dalam segala hal. Sebab mereka sudah diselamatkan dan diberkati oleh Allah terlebih dahulu.

Karena itu, umat harus membalasnya dengan memberikan yang paling baik dalam hidupnya, bukan dari sisa-sisa yang ada pada umat. Karena Allah sudah dan selalu memberikan yang paling baik dalam hidup kita. Itulah yang menyenangkan hati Allah. Itulah yang harus kita lakukan agar hidup kita berkenan di hadapan Tuhan.

Baca juga: RENUNGAN ANAK SEKOLAH MINGGU - Matius 1: 1-1 Silsilah Yesus

Baca juga: RENUNGAN MALAM - Belajar Mengetahui Cara dan Penguasaan Roh Jahat

Demikian firman Tuhan hari ini.
 

"Maka persembahan Yehuda dan Yerusalem akan menyenangkan hati TUHAN seperti pada hari-hari dahulu kala dan seperti tahun-tahun yang sudah-sudah." (ay 4)

Jangan sesat dan janganlah memberikan diri kita disesatkan oleh kesenangan duniawi yang bukan hanya membunuh tubuh tapi juga jiwa untuk selamanya. Maka kita harus bertobat dan menjauhi yang tidak berkenan kepada Tuhan.

Tuhan pasti memurnikan dan menahirkan kita. Artinya Tuhan pasti menyelamatkan dan menyertai serta memberkati hidup kita, ketika kita telah hidup bertobat dan berkenan kepada-Nya. Ubahlah prilaku hidup kita. Persembahkanlah yang terbaik dan berikanlah yang paling utama dalam hidup kita untuk Tuhan, yakni tubuh, jiwa dan roh kita sebagai persembahan yang hidup dan berkenan kepada Tuhan.

Sesungguhnya sebagai umat yang percaya kepada Kristus, kita telah dimurnikan dan ditahirkan Allah oleh pengorbanan Kristus yang rela tersiksa dan mati tersalib di Golgota. Dia telah berkorban dan melakukan segalanya untuk keselamatan dan kehidupan kita yang sempurna. Tidak ada kasih yang menyamai apalagi melebihi kasih Kristus itu. Karenanya hendaklah kita membalasnya dengan memberikan yang terbaik kepada Tuhan.

Kita harus berbuat baik dan benar. Terutama dalam hal memberikan persembahan. Kita harus memberikan apa yang menjadi hak Tuhan. Sebab kita telah menerima dari Tuhan jauh melebihi dari hidup kita. Maka kita harus memersembahkan yang terbaik kepada Tuhan. Jangan juateru mencuri apa yang menjadi hak Tuhan. Ingat, pemberian kita kepada Tuhan adalah hak Tuhan. Jangan tahan apalagi menggunakannya untuk kepentingan hawa nafsu dunia kita.

Kita diajarkan memersembahkan tubuh dan jiwa kita. Bahkan roh kita harus kita persembahkan kepada Tuhan. Caranya? Apapun yang kita lakulan di dunia ini, harus kita lakukan untuk menyenangkan hati Tuhan. Artinya seluruh pikiran, perbuatan dan segala sesuatu yang ada pada kita, kita lakukan dalam ketaatan kepada Tuhan.

Ketika kita memberi persembahan, itulah tandanya bahwa kita hidup menghormati Tuhan. Jadi persembahkanlah yang terbaik kepada Tuhan sebagai bentuk penghormatan dan tanda terima kasih kita kepada Tuhan. Berilah yang terbaik kepada Tuhan, sebab kita telah menerima dari Dia lebih berharga dari segala harta yang ada pada kita bahkan dari segala hidup kita.

Jika kita memersembahkan yang terbaik kepada Tuhan, maka Tuhan pasti memberikan yang terbaik bagi kita, melebihi apa yang kita pikirkan, harapkan dan butuhkan. Itulah Tuhan kita yang ajaib, heran dan amat sangat pengasih. Percayalah sepenuhnya pada-Nya. Pasti Dia selalu memberkati hidup kita selamanya. Amin

DOA: Tuhan Yesus, ajarlah kami memersembahkan tubuh dan jiwa kami sebagai persembahan yang terbaik kepada-Mu dan pakai kami selalu memuliakan Tuhan. Amin

Sumber: Tribun Manado
  • Berita Terkait :#RHK Jumat 2 Desember 2022
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved