BACAAN ALKITAB

BACAAN ALKITAB HARI INI - Galatia 6:1-10 Perlindungan Allah bagi Orang Benar

Tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri. Pedoman ini juga berlaku dalam hal pertumbuhan rohani kita sebagai seorang Kristen.

Penulis: Aswin_Lumintang | Editor: Aswin_Lumintang
pixabay.com
Bacaan Alkitab, 

Galatia 6:1-10

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri. Pedoman ini juga berlaku dalam hal pertumbuhan rohani kita sebagai seorang Kristen. Tanpa kehadiran dan peran orang Kristen lain, iman kita tidak akan bertumbuh.

Dalam bagian ini, Paulus mengingatkan jemaat agar menjaga diri supaya tidak jatuh dalam pencobaan (1). Di samping itu, mereka juga harus hidup saling memperhatikan dan saling menolong. Nasihat memperhatikan saudara seiman tidak bertujuan untuk menghakimi atau menegur dengan kasar.

Menurut Paulus, memperhatikan berarti menuntun kalau ada saudara seiman yang melakukan pelanggaran.
~ Ia harus dibimbing dengan kasih dan kelembutan.
~ Cara memperhatikan bisa juga dilakukan dengan saling mengingatkan dan saling menolong (2).
~ Jika sudah dilakukan, maka hidup mereka sebagai anak-anak Tuhan senantiasa sepadan dengan firman Tuhan.

Sikap demikian juga seharusnya kita lakukan di dalam hidup bersama dengan saudara seiman. Kita harus saling memperhatikan, saling menegur, saling mengingatkan, dan saling menolong dalam menanggung beban. Karena tidak ada seorang pun yang lebih kuat daripada yang lain. Adakalanya orang lain lemah dan kita harus menolong. Adakalanya kita lemah dan membutuhkan dukungan saudara yang lain.

Jangan sampai kita merasa paling rohani dan benar sehingga menegur dengan arogan. Kita juga jangan tidak acuh sehingga tidak mau tahu, apalagi menolong. Dengan rendah hati dan lemah lembut kita menegur saudara yang jatuh sembari terus mawas diri agar tidak terjatuh dalam dosa.

Saat jatuh ke dalam dosa, kita wajib membuka diri terhadap teguran dari saudara seiman karena kita pun tidak luput dari berbagai kelemahan.

Adakah saudara seiman kita yang membutuhkan teguran atau dukungan kita hari ini? Marilah dengan lembut dan rendah hati kita jangkau mereka kembali.

----------------------------------------------
Saudara & sobatku yg kekasih
Menabur kebaikan dalam kasih berarti berbuat baik tanpa pilih kasih
========================

• Galatia 6 adalah pasal yang tepat untuk dibaca ketika kita merasa kecewa atas respons seseorang terhadap kebaikan yang kita lakukan.
~ Di pasal tersebut, Paulus mendorong kita untuk mempertimbangkan motivasi kita—“menguji pekerjaan [kita] sendiri”—dalam perkataan dan perbuatan kita (ay.1-4).

~ Ketika kita sudah mengujinya, Paulus menguatkan kita untuk tetap bertekun: “Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang” (ay.9-10).

"Bertolong-tolonglah menanggung bebanmu, demikianlah juga kamu memenuhi hukum Kristus". [2]
~ Ini berarti dengan berbuat baik dan saling membantu kita sudah melakukan apa yang Tuhan kehendaki dalam kehidupan kita sebagai anak Tuhan bahkan kita telah menghadirkan gambaran Kristus dalam kehidupan kita.

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved