Doa Islam

Doa Kamis Lengkap dengan Keutamaannya Seperti yang Dikatakan oleh Rasulullah SAW

Keutamaan Hari Kamis tersirat dalam hadits yang diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallaahu ‘anhu. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Penulis: Indry Panigoro | Editor: Indry Panigoro
pexels.com
Ilustrasi berdoa Doa Islam 

TRIBUNMANADO.CO.IDKamis adalah hari kelima dalam satu pekan.

Kata kamis atau khamis diambil dari bahasa Arab dan bahasa Ibrani yang berarti lima.

Nama lain lagi untuk hari ini adalah Wrehaspati, Wrespati atau Respati yang diambil dari bahasa Sanskerta dan berarti planet Jupiter, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.

Kamis merupakan hari di mana amal manusia akan diangkat dan diperiksa.

Dijelaskan dalam sebuah hadits yang artinya: Rasulullah SAW bersabda “Amal manusia diangkat pada hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diangkat sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. At-Tirmidzi).

Ya hari Kamis memiliki beberapa keutamaan.

Dalam suatu hadist disebutkan bahwa amal manusia dilaporkan kepada Allah SWT di hari Senin dan Kamis. 

Sehingga Rasulullah SAW melaksanakan dan menganjurkan puasa sunah di dua hari tersebut. 

Puasa Senin Kamis merupakan ibadah yang Rasulullah SAW anjurkan untuk dilaksanakan. Beliau juga rutin mengamalkan ibadah tersebut. Sebagaimana yang disebutkan dalam suatu hadits, bahwa amal manusia dilaporkan kepada Allah SWT pada setiap hari Kamis. Dari Abu Hurairah RA. dari Rasulullah SAW. Beliau bersabda,

"تُعْرَضُ أَعْمَالُ النَّاسِ فِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّتَيْنِ يَوْمَ اْلاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ مُؤْمِنٍ إِلاَّ عَبْدًا بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ."

"Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu'ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan..." (H.R. Shahih Muslim) 

Keutamaan berikutnya adalah, pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis.

Seperti dalam sebuah hadits, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ، فَيُقَالُ: أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا."

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved