RENUNGAN

RENUNGAN HARIAN - Ulangan 6:1-9 Memiliki dan Mewariskan

Setiap orang tua akan mewariskan hal terbaik yang dimilikinya kepada anak-anaknya. Perihal terbaik ada banyak pengertian pada setiap orang tua.

Penulis: Aswin_Lumintang | Editor: Aswin_Lumintang
phinemo.com
Musa diutus Tuhan untuk memimpin bangsa Israel 

Kamis, 10 November 2022
Ulangan 6:1-9

TRIBUNMANADO.CO.ID - Setiap orang tua akan mewariskan hal terbaik yang dimilikinya kepada anak-anaknya. Perihal terbaik ada banyak pengertian pada setiap orang tua.

Ada yang menilai harta sebagai hal terbaik yang dapat diwariskan kepada anak-anaknya. Ada pula nama baik, kebijaksanaan, ataupun nilai-nilai yang diwariskan kepada anak-anaknya. Lalu, apakah hal terbaik yang dapat diwariskan oleh orang tua Kristen?

Perikop Ulangan 6:1-9 dimulai dengan pernyataan tegas dari Musa tentang bagaimana seharusnya umat Tuhan hidup di tanah perjanjian. Umat Tuhan dibebaskan dari perbudakan di Mesir untuk suatu kehidupan yang berkenan kepada Tuhan, yaitu kehidupan yang sesuai dengan ketetapan Tuhan (1-2) dan untuk hidup dalam iman (4-5). Itulah pernyataan iman bangsa Israel.

Cerita Alkitab, Musa Membela Laut Teberau dan Berjalan di Tengah Lautan Bersama Bangsa Israel
Cerita Alkitab, Musa Membela Laut Teberau dan Berjalan di Tengah Lautan Bersama Bangsa Israel (sumber: cagnz.org)

Umat Tuhan diselamatkan dari perbudakan Mesir untuk suatu kehidupan yang baru, yaitu hidup dalam iman. Hidup dalam iman berarti terhubung dengan dengan Allah dalam sebuah relasi yang dilandasi oleh kasih. Umat Tuhan bukan hanya mengakui Tuhan, tetapi mengasihi Dia dengan segenap hati, jiwa, dan kekuatan.

Sebelum umat Tuhan sampai ke tanah perjanjian, Tuhan mengingatkan umat-Nya melalui Musa bahwa hal yang terutama dalam hidup mereka adalah memiliki kehidupan yang beriman. *Iman kepada Allah yang menyelamatkan mereka menjadi bagian hidup yang terpenting dan paling berharga turun-temurun. Itulah warisan terbesar umat Tuhan kepada anak-anaknya: iman yang hidup.

Hal yang terutama, terpenting, dan paling berharga bagi umat Tuhan di sepanjang masa adalah iman yang hidup kepada Allah di dalam Yesus yang menyelamatkan manusia dari dosa. Karena itu, seharusnya setiap orang tua Kristen mewariskan iman yang hidup itu kepada anak-anaknya.

Mewariskan iman memang harus dilakukan dengan cara mengajarkan dan menunjukkan sikap hidup sehari-hari di dalam mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa, dan kekuatan. Mari kita mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa, dan kekuatan dalam setiap aktivitas kita.

Baca juga: ART Hingga Ajudan Kompak Ungkap Tabiat Brigadir J, Pakar Singgung soal Criminal Profiling

Baca juga: Daftar Harga HP Samsung Terbaru di Bulan November 2022, Galaxy A04s hingga Galaxy Z Fold4

----------------------------------------------
Saudara & sobatku yg kekasih
Kita semua memiliki peran yang sangat besar dalam memperkenalkan kasih Allah kepada semua anggota keluarga kita.
Karena itu, hendaklah setiap kita menghidupi kasih Allah dan mengajarkannya kepada semua anggota keluarga kita.
========================

• Tuhan memerintahkan pada umat untuk terus mengajarkan kasih kepada Allah secara turun-temurun.
~ Tidak hanya disimpan sebagai konsumsi pribadi, tetapi umat harus mengajarkannya berulang-ulang pada generasi di bawah mereka, dan terus-menerus mengajarkannya di mana pun mereka berada dan beraktivitas (ay. 6-9). Mengasihi Allah dengan segenap hati, jiwa, dan mengajarkannya berulang-ulang ini dikenal sebagai Shema Israel.

• Kata "dengarlah" dan "lakukanlah" (3).

~ Tujuannya, agar rasa takut akan TUHAN dibangkitkan dalam kesadaran umat.
~ Dengan melakukannya, umat akan mengalami berkat Tuhan dalam bentuk lanjut umur [2] dan multiplikasi (3).

• "Pengakuan" akan keesaan Allah dan "respons" berupa kasih harus diajarkan kepada keturunan kita di mana saja dan kapan saja (6-7).
~ Hal tersebut juga perlu "mendarah-daging" di dalam keseluruhan aspek kehidupan kita tanpa terkecuali (8-9).

Sumber: Tribun Manado
  • Tribun Shopping

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved