Sulawesi Utara

KPU Sulawesi Utara Kumpulkan Para Pemangku Kepentingan, FGD Mitigasi Potensi Masalah Pemilu 2024

KPU Sulawesi Utara kembali menggelar FGD. FGD yang dilaksanakan di Minahasa pada Jumat lalu membahas soal pencegahan potensi masalah Pemilu 2024.

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Isvara Savitri
Tribunmanado.co.id/Dok. KPU Sulut
KPU Sulut menyelenggarakan FGD dengan tema Identifikasi Potensi Sengketa dan Pelanggaran Tahapan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Peserta Pemilu 2024 seri ke-2 di Esspecto Coffee Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Jumat (21/10/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Utara (KPU Sulut) kembali menyelenggarakan focus group disscusion (FGD) dengan tema Identifikasi Potensi Sengketa dan Pelanggaran Tahapan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Peserta Pemilu 2024 seri ke-2.

Kegiatan ini dihelat Jumat (21/10/2022) di Esspecto Coffee Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Plt Ketua KPU Sulut, Meidy Tinangon, dalam arahannya menyampaikan pentingnya upaya pencegahan sengketa.

"Penting bagi kita untuk mengidentifikasi secara dini resiko dan potensi masalah yang mungkin akan muncul,  sehingga perlu kita mitigasi agar proses pemilu kita ini bebas dari pelanggaran maupun perselisihan sengketa," kata Mantan Ketua KPU Minahasa ini.

Peserta yang hadir dalam FGD ini yaitu Akademisi Unima, Bawaslu Minahasa, Kejaksaan Negeri Minahasa, Polres Minahasa, Gerakan Minahasa Muda, BEM Unima, GAMKI Minahasa, GMKI Tondano, HMI Tondano, GMNI Minahasa, PMKRI Minahasa, PMII Minahasa, TePI, PIKI Minahasa, Pemuda Muhammadiyah Minahasa, GP Anshor Minahasa, PSD GMM dan juga pers.

Kasubdit Kamneg Polda Sulawesi Utara, AKBP Nanang Nugroho, dan Kapolres Minahasa, AKBP Tonny B Souissa hadir sebagai narasumber yang mengulas topik Penanganan Pelanggaran Pidana Pemilu Oleh Sentra Gakkumdu.

Baca juga: Apa Isi Buku Hitam Selalu Dibawa Ferdy Sambo saat Sidang? IPW Menduga Berisi Ini

Baca juga: Cerita Alkitab, Musa Membela Laut Teberau dan Berjalan di Tengah Lautan Bersama Bangsa Israel

Narasumber dari Akademisi Unima sekaligus sebagai anggota Tim Pemeriksa Daerah (TPD) DKPP Sulut, Mayske Liando, membicarakan Potensi dan Pencegahan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu pada Tahapan Verifikasi Partai Politik.

Anggota Bawaslu Sulut, Supriyadi Pengellu, mengulas Potensi Masalah, Pencegahan dan Penanganan Pelanggaran Administrasi Tahapan Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024.

Sehari sebelumnya, KPU juga menghelat FGD dengan tema yang sama di Aula Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT), Kota Tomohon.

Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Utara (KPU Sulut) kembali menyelenggarakan
KPU Sulut menyelenggarakan FGD dengan tema Identifikasi Potensi Sengketa dan Pelanggaran Tahapan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Peserta Pemilu 2024 seri ke-2 di Esspecto Coffee Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Jumat (21/10/2022).

FGD itu mengidentifikasi potensi sengketa dan tahapan verifikasi faktual di Sulut.

Peserta yang hadir dalam FGD ini yaitu dosen UKIT, Bawaslu Tomohon, Kejaksaan Negeri Tomohon, Polres Tomohon, ITM, Unsrit, GMKI Tomohon, GMNI Tomohon, PMKRI Tomohon, GAMKI Tomohon, KNPI Tomohon, TePi, PSD GMM, PIKI Tomohon dan juga pers. 

Narasumber pertama diisi anggota Bawaslu Sulut, Zulkifli Densi, dengan Materi Pencegahan dan Penanganan Pelanggaran Administrasi Tahapan Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024.

Baca juga: Chord Gitar Caught - Florence and the Machine

Baca juga: Tak Hanya Tangkap Penjahat, Tim ROTR Polresta Manado Juga Beri Bantuan Bagi Warga Kurang Mampu

Dilanjutkan dengan narasumber dari Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, Marthen Tandi, dengan Materi Potensi dan Penyelesaian sengketa Tata Usaha Negara (TUN) Pemilu 2024.

Selanjutnya narasumber ketiga Rektor Universitas Kristen Indonesia Tomohon, Pdt Dr Arthur Rumengan.

Acara dilanjutkan dengan ucapan penutup dari Ketua KPU Kota Tomohon, Harryanto Lasut.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved