Wawancara Khusus

dr Adi Tucunan: Perilaku LGBT Bisa Muncul Karena Pengaruh Lingkungan atau Trauma Masa Lalu 

LGBT hingga saat ini masih menjadi isu yang hanya diperbincangkan oleh berbagai lapisan masyarakat. Berikut LGBT menurut kacamata dr Adi Tucunan.

Penulis: Ferdi Guhuhuku | Editor: Isvara Savitri
Dokumentasi Tribun Manado
Podcast Tribun Manado bersama dr Adi Tucunan di TKB Manado, Sulawesi Utara, Minggu (16/10/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Berdasarkan data Komisi Perlindungan AIDS (KPA) Manado, kelompok Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) di Kota Manado, Sulawesi Utara, mencapai lebih dari 2 ribu orang.

LGBT mejadi salah isu yang cukup fenomenal dibahas oleh berbagai lapisan masyarakat. 

Kali ini Tribun Manado melakukan wawancara di Taman Kesatuan Bangsa (TKB) bersama dengan dr Adi Tucunan, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado.

Wawancara dipandu David Kusuma, Jurnalis Tribun Manado dengan tema "Fenomena LGBT, Antara HAM dan Transformasi Perilaku Kesehatan".

Berikut kutipan-kutipan menarik pembahasan seputar LGBT bersama dr Adi Tucunan, Minggu (16/10/2022).

dr Adi Tucunan: LGBT adalah isu yang sangat fenomenal untuk dibahas, saya kira data yang disampaikan KPA Manado ada benarnya juga karena pasti sudah ada survei. Saya pikir data LGBT 2000 orang dari KPA hanya di permukaan yang terdeteksi saja ke depan bertambah terus karena terus berkembang. 

David Kusuma: Kalau LGBT menurut pandang medis sendiri seperti apa dok

dr Adi Tucunan: Sebenernya LGBT suatu isu yang berkaitan dengan kesehatan jiwa menurut dokter-dokter di Indonesia

David Kusuma: Apakah LBGT pengaruh karena lingkungan atau seperti apa dok?

dr Adi Tucunan: Sebenarnya LGBT itu manusia-manusia normal, kemudian dia mengalami transformasi suatu perilaku hanya karena ditarik oleh lingkungan. Tetapi ada juga karena trauma masa lalu seperti contohnya mengalami pelecehan seksual, terjadi kekerasan dalam rumah tangga, semua sudah menjadi kumpulan masalah. Jadi bukan hanya karena genetik saja, tetapi karena lingkungan juga dan trauma ada. Apalagi sekarang kita hidup di zaman digital semua bisa diakses bisa karena nonton pornografi homoseksualitas jadi itu juga bisa berpengaruh. 

Baca juga: Ferdy Sambo pun Menoleh Dipanggil Peppy, Kerabat di Toraja Berharap Sidang Berlangsung Adil

Baca juga: Cek Iman Kita Naik atau Turun, Begini Caranya, Penjelasan Ustadz Adi Hidayat 

David Kusuma: Dok ada korelasi tidak antara LGBT dengan dengan penyakit-penyakit menular biasa juga seperti kasus-kasus pedofil?

dr Adi Tucunan: Oke itu sangat berkorelasi karena LGBT bisa kena banyak penyakit menular seperti HIV dan itu homoseksualitas gay.

David Kusuma: Di beberapa negara barat kan sudah mulai melegalkan pernikahan sesama jenis dan itu mereka mau mencoba masuk ke Indonesia. Seperti apa itu menurut dok dari sisi politik dan sosial kemasyarakatan?

dr Adi Tucunan: Sebenarnya isu LGBT ini bukan hanya isu lokal atau nasional tetapi ini sudah internasional. Bahkan PPB juga mendukung untuk semua negeri untuk mengalah Undang-undang LGBT. Kita Indonesia bersyukur kerana masih bisa menahan itu, dengan nilai-nilai moral dan agama yang sangat kuat. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved