Tragedi Stadion Kanjuruhan

PSSI Berterima Kasih Pada Jokowi, Berkat Dukungan Penuh Presiden, Indonesia Lolos dari Sanksi FIFA

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dukungannya untuk sepak bola Indonesia

Penulis: Gryfid Talumedun | Editor: Gryfid Talumedun

TRIBUNMANADO.CO.ID - Indonesia akhirnya lolos dari Sanksi FIFA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah Indonesia dan induk organisasi sepak bola dunia FIFA akan membentuk tim transformasi untuk sepak bola Tanah Air menyusul tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Akhirnya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dukungannya untuk sepak bola Indonesia setelah terjadi tragedi Kanjuruhan.

Baca juga: FIFA dan Indonesia Siap Berkolaborasi untuk Sepak Bola Tanah Air, PSSI Selamat dari Sanksi

Dikutip dari laman pssi.org, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, menyampaikan rasa syukurnya.

"Alhamdulillah, melalui Presiden Republik Indonesia, FIFA sudah memberikan pernyataan resmi bahwa Indonesia tidak terkena hukuman efek dari insiden Kanjuruhan," ungkap Iwan Bule, Sabtu (8/10/2022).

Lebih lanjut, Iwan Bule mengatakan PSSI selalu intens berkomunikasi dengan FIFA dan AFC.

"Pada minggu depan, delegasi FIFA dan AFC akan berkunjung dan berdiskusi dengan PSSI untuk mengambil langkah-langkah transformatif seperti yang diperintahkan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia," tambah Iwan.

Diberitakan Tribunnews.com sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) tidak mengenakan sanksi pada sepak bola Indonesia pasca-tragedi maut di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, 1 Oktober 2022 lalu.

Kejadian tersebut memakan korban sedikitnya 131 jiwa, termasuk dua anggota Polri.

Presiden Jokowi mengatakan, selain tak memberikan sanksi, FIFA akan melakukan kolaborasi dengan pemerintah Indonesia.

Berikut pernyataan lengkap Presiden Jokowi yang disampaikan lewat video YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (7/10/2022):

"Kemarin saya telah menerima surat dari FIFA, ini adalah tindak lanjut dari hasil pembicaraan saya per-telepon dengan Presiden FIFA Gianni Infantino pada 3 Oktober 2022 yang lalu," ujar Jokowi.

"Dan berdasarkan surat tersebut, Alhamdulillah sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA dan FIFA bersama-sama dengan pemerintah akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia," imbuhnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved