Unsrat

Tekad Bangun Wirausaha Mahasiswa, Pusat Kewirausahaan Unsrat Berguru ke Italia

Pasalnya Rektor Unsrat Prof Dr Ellen Kumaat secara khusus mengutus Tim Pusat Kewirausahaan Unsrat untuk berguru ke negeri pizza, Italia

Editor: Aldi Ponge
Unsrat
Tim Pusat Kewirausahaan Unsrat untuk berguru ke negeri pizza, Italia 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tekad Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk mengembangkan wirausaha mahasiswa dan mahasiswi patut mendapatkan acungan jempol.

Pasalnya Rektor Unsrat Prof Dr Ellen Kumaat secara khusus mengutus Tim Pusat Kewirausahaan Unsrat untuk berguru ke negeri pizza, Italia Hal ini disampaikan Yantje Uhing, SE, MS, Koordinator Pusat Kewirausahaan Unsrat, Kamis (6/10/2022).

Menurutnya dia saat ini menimba ilmu di University of Bologna. Di sana Tim Pusat Kewirausahaan Unsrat akan sampai 8 Oktober.

"Kami memperoleh kesempatan training atas biaya dari Uni Eropa melalui Project Smart, Erasmus-Plus. Saat ini Pusat Kewirausahaan Unsrat sedang giat gatnya mengembangkan diri selepas masa pandemic Covid 19 di Tahun 2022 ini," ujar dia melalui pesan Whatsapp.

Unsrat melakukan pengembangan wirausaha mahasiswa antara lain dengan berbagai upaya untuk memotivasi dan memfasilitasi wiruasaha mahasiswa yang juga dilakukan untuk menjadikan mereka sebagai wirausahawan yang handal dan memiliki inovasi dan daya saing yang baik.

“Banyak yang bisa kami pelajari dari pengalaman University of Bologna. Perlu tahu universita ini berperan melahirkan para wirausahawan dan industri andal di Italy," tambah pria asal Kakas, Minahasa ini

Hubungan dunia industri dan Universitas juga terjalin sangat baik, saling menguntungkan. Kurikulum pendidikan di negara maju tersebut, juga saling mendukumg dengan kebutuhan nyata di dunia industri dan masyarakat.

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian realisasi kerjasama konsorsium Internasional 3 top Perguruan Tinggi di Eropa dan 7 PTN Indonesia dan tentunya Unsrat juga terlibat. Training berlangsung cukup ketat dan dinamis, sejak pagi sampai sore, disertai diskusi dan kunjungan lapangan di obyek obyek riset inovasi industri miliki Universitas Bologna.

Model hubungan Industri dengan Universitas yang dterapkan di Universitas of Bologna akan coba diterapkan di Unsrat. Yakni sebagai bagian dari program Pusat Kewirausahaan Unsrat yang juga berada di bawah LPPM Unsrat. Program tersebut juga mendapat dukungan penuh dari Prof.Dr.Ir.Sangkertadi selaku Wakil Rektor yang membidangi urusan Kerjasama.

"Kerjasama bertemakan mengenai kewirausahaan dan hubungan Universitas dengan dunia usaha," tambah Prof.Dr.Ir.Sangkertadi, DEA yang juga turut serta dalam kunjungan dinas dan training kerjasama di Italy ini.

Sebagaimana informasi bahwa Universitas Bologna adalah juga mitra utama dari sejumlah industri strategis Italy antara lain Ferrari, Lamborgini, Masserati, Ducati, dan industri dengan brand ternama lainnya. Semua industri tersebut berlokasi di Kota Bologna.

Dalam kesempatan itu pihak Unsrat mendapat sambutan resmi para pimpinan Universitas Bologna antara lain ada dua Wakil Rektor University of Bologna.

Selain Unsrat, dari Indonesia juga ada delegasi dari ITS Surabaya yang bertindak sebagai penanggung jawab dan pimpinan konsorsium. Ada juga ada anggota konsosrsium lainnya yaitu dari Universitas Diponegoro, Universitas Maritim Raja Ahli Haji (Kep. Riau).

Universitas Udayana, Universita Mataram, Institut Teknologi Mataram. Sedangkan anggota konsosrsum luar negeri ada;ah Univ. of Bologna, Turku University (Finlandia), dan Agora University (Spanyol).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved