Pemilu 2024

Peluang Duet Anies - AHY Terbuka Lebar, Koalisi Surya Paloh, JK dan SBY

Pengamat Politik Nasional, Jerry Massie mengatakan, peluang duet Anies - AHY ini merupakan Koalisi para tokoh nasional di belakang layar.

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Handhika Dawangi
Tribun Manado/Ryo Noor
Pengamat Politik Nasional, Jerry Massie. Peluang duet Anies - AHY ini merupakan Koalisi para tokoh nasional di belakang layar. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Peluang duet Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono atau Anies - AHY terbuka lebar.

Pertemuan Anies - AHY di DPP Demokrat, Jl Proklamasi No 41, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022) makin membuka lebar jalan dua tokoh ini dipasangkan di Pilpres 2024.

Pengamat Politik Nasional, Jerry Massie mengatakan, peluang duet Anies - AHY ini merupakan Koalisi para tokoh nasional di belakang layar yakni Jusuf Kalla, Surya Paloh dan Susilo Bambang Yudhoyono.

"Anies - AHY ini kan sudah ada sinyalmen ketika Surya Paloh, JK, dan SBY bertemu," kata Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) ini kepada tribunmanado.co.id, Jumat (7/10/2022)

Setelah pertempuran itu Surya Paloh Ketua Umum NasDem langsung curi start mengumumkannya Anies Baswedan menjadi Capres 2024. Momentum diambil sebelum Anies usai masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Tak butuh waktu lama, Anies langsung merapat ke Demokrat, sinyalmen duet ini akan segera dipatenkan.

Duet Anies - AHY kata Jerry Massie akan men ciptakan poros yang kuat.

Dimotori NasDem dan Demokrat. Anies punya basis pemilih kuat, dan AHY bisa meraup dukungan pemilih milenial seperti yang selalu digaungkan dalam ketokohannya.

Dua nama ini pun kerap mangkring di daftar teratas survei elektabilitas Capres dan Cawapres.

Kemungkinan duet ini akan ikut menarik Parpol lain bergabung seperti PKS, PAN dan PPP.

NasDem bergerak cepat mengusung Anies, mengincar ekor jas dari ketokohan Anies, meraup suara dari kelompok Islam.

Padahal ekor jas Anies ini harusnya jadi milik PKS dan Gerindra, kemudian ditikung NasDem.

Efeknya nanti kata Jerry Massie, NasDem akan mendulang suara dari basis Gerindra, dan PKS semisal di Jawa Barat, NTB, dan Sumatera Barat.

Namun di sisi lain, strategi NasDem ini akan membuat perolehan suaranya di Indonesia Timur berpotensi melorot di Pemilu. Padahal NasDem mendulang cukup banyak dukungan di daerah Indonesia Timur.

Kalau di Sulawesi Utara Jerry Massie memprediksi Anies - AHY bakal sulit menang, bahkan bakal ikut menggerus perolehan suara NasDem di Pemilu 2024. Isu Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2017 masih melekat dibenak pemilih Sulawesi Utara

"Tinggal dilihat bagaimana strategi Victor Mailangkay Ketua NasDem dan Elly Lasut Ketua Demokrat memenangkan Anies - AHY, kalau pasangan ini jadi diusung," kata dia. (Ryo)

Baca Berita Tribun Manado: KLIK LINK

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved