Maulid Nabi Muhammad SAW

Kumpulan Bacaan Sholawat Nabi, Amalan Malam Maulid Nabi Muhammad SAW, Tulisan Arab dan Artinya

Amalan Malam Maulid Nabi Muhammad SAW. Bacaan Sholawat lengkap tulisan arab dan artinya.

Tribun Manado
Bacaan Sholawat untuk Amalan Malam Maulid Nabi Muhammad SAW. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Malam Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal.

Inilah amalan untuk malam Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal.

Berikut kumpulan sholawat atau bacaan Sholawat Nabi tulisan Arab dan artinya, untuk amalan malam Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal.

Maulid Nabi Muhammad SAW 2022 jatuh pada Jumat 7 Oktober 2022 setelah waktu Magrib, hingga Sabtu 8 Oktober 2022.

Salah satu amalan utama saat peringatan Maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah, memperbanyak membaca sholawat Nabi.

"Apa yang biasanya dilakukan pada saat perayaan maulid? Yang dilakukan tiada lain adalah hal-hal yang disyariatkan dan dianjurkan untuk dikerjakan, yaitu membaca Al-Qur’an, berdzikir, membaca shalawat, melantunkan puji-pujian kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, menjelaskan sejarah hidup Baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan kebaikan-kebaikan lainnya. Semua itu adalah kebaikan-kebaikan yang dianjurkan dalam Al-Qur’an dan hadits. Apakah hal-hal itu jika dikerjakan sendiri-sendiri adalah kebaikan, akan tetapi jika dikerjakan dalam satu rangkaian kegiatan yang diberi nama “Perayaan Maulid”," melansir materi Khutbah Jumat oleh Ustadz Nur Rohmad, dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU), Jumat (7/10/2022).

Inilah bacaan Sholawat Nabi yang bisa diamalkan saat malam Maulid Nabi Muhammad SAW, disertai tulisan arab dan artinya melansir laman resmi NU.

Caranya, pilih salah satu Sholawat Nabi kemudian baca dengan jumlah tertentu, dengan niat dan tujuan memuji dan mendoakan Rasulullah Muhammad SAW.

1. Sholawat Ibrahimiyah

Biasa dibaca saat tahiyat akhir dalam sholat.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma shalli 'ala muhammad wa 'ala ali muhammad kama shallaita 'ala ibrahim wa 'ala ali ibrahim wa baarik 'ala muhammad wa 'ala ali muhammad kama baarakta 'ala ibrahim wa 'ala ali ibrahim fil 'alamiina innaka hamiidun majiid

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

2. Sholawat Tibbil Qulub

Halaman
1234
Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved