Tragedi Kanjuruhan

Liga 1 hingga Liga 3 Resmi Dihentikan Menpora dan TGIPF Imbas Tragedi Kanjuruhan Arema Vs Persebaya

Pergelaran Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 Sepakbola Indonesia resmi dihentikan. Disetujui Kemenpora dan TGIPF.

Editor: Frandi Piring
TRIBUN JOGJA
Liga 1 hingga Liga 3 Resmi Dihentikan Menpora dan TGIPF Imbas Tragedi Kanjuruhan Arema Vs Persebaya 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kompetisi Liga 1 hingga Liga 3 Indonesia resmi dihentikan.

Dikabarkan, Menko Polhukam sekaligus Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Faktai ( TGIPF ) soal tragedi di Stadion Kanjuruhan, Mahfud MD mengumumkan gelaran Liga 1 hingga Liga 3 dihentikan.

Pemberhentian pergelaran Liga Sepakbola Indonesia berdasarkan keputusan rapat perdana TGIPF pada Selasa (4/10/2022).

Mahfud MD mengatakan dihentikannya gelaran Liga 1 hingga Liga 3 ini juga telah disetujui oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

"TGIPF ini tadi juga menekankan dan disetujui oleh Menpora yang berpayung PSSI terutama Liga 1, 2, dan 3 supaya dihentikan," ujarnya dalam konferensi pers yang ditayangkan di YouTube Kemenko Polhukam RI.

Mahfud MD mengungkapkan Liga 1 hingga Liga 3 dapat diselenggarakan kembali ketika Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyatakan adanya normalisasi.

Suasana di lorong pintu keluar stadion Kanjuruhan Malang yang diduga Gate 13 di malam Tragedi Kanjuruhan laga Arema FC Vs Persebaya Surabaya, Sabtu 1 Oktober 2022. Video ini menjadi salah satu bukti jika pintu gerbang keluar tribune dalam kondisi tertutup ketika gas air mata dilontarkan ke arah tribune yang masih dipenuhi Aremania malam itu.
Suasana di lorong pintu keluar stadion Kanjuruhan Malang yang diduga Gate 13 di malam Tragedi Kanjuruhan laga Arema FC Vs Persebaya Surabaya, Sabtu 1 Oktober 2022. Video ini menjadi salah satu bukti jika pintu gerbang keluar tribune dalam kondisi tertutup ketika gas air mata dilontarkan ke arah tribune yang masih dipenuhi Aremania malam itu. (Tangkap layar Instagram @ultras.id)

Baca juga: Arema FC Disanksi PSSI, Ketua Panpel Abdul Haris Tak Boleh Beraktivitas di Sepak Bola Seumur Hidup

Baca juga: Penyesalan Pemain Arema FC, Kini Dihantui Rasa Bersalah, Kalau Saja Kemarin Kami Menang

Baca juga: Pelatih Arema FC Javier Roca Saksikan Ada Suporter yang Meninggal di Pelukan Pemain

Normalisasi tersebut, kata Mahfud, juga menunggu hasil rekomendasi dari TGIPF.

"Sampai Presiden menyatakan bisa dinormalisasi setelah tim ini (TGIPF) menyampaikan rekomendasinya seperti apa normalisasi itu harus dilanjutkan," katanya.

Lebih lanjut, Mahfud mengungkapkan TGIPF berupaya untuk melaporkan hasil kerja ke Jokowi dalam waktu tiga pekan.

"Insya Allah dalam tiga minggu tim ini sudah dapat menyampaikan hasil kerjanya kepada Presiden, dan diharapkan bisa lebih cepat dari target itu," tuturnya.

Sebelumnya, Mahfud mengumumkan adanya TGIPF untuk mengusut kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Senin (3/10/2022).

Anggota TGIPF itu terdiri dari pejabat kementerian terkait, organisasi sepakbola, pengamat, akademisi, dan media massa.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengumumkan anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Stadion Kanjuruhan pada Senin (3/10/2022).
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengumumkan anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Stadion Kanjuruhan pada Senin (3/10/2022). (Tribunnews.com/Gita Irawan)

Adapun berikut nama anggota TGIPF Kanjuruhan dan jabatannya:

Ketua: Menko Polhukam Mahfud MD

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved