RHK Sabtu 1 Oktober 2022

BACAAN ALKITAB - Ulangan 26:11 Bersukaria Karena Tuhan Baik

Allah itu baik, sungguh baik bagiku, ditunjukkan-Nya kasih setia-Nya. Dia menyediakan, yang kuperlukan.

Editor: Aswin_Lumintang
pexels.com
Bacaan Alkitab 

Ulangan 26:11
TRIBUNMANADO.CO.ID - Allah itu baik, sungguh baik bagiku, ditunjukkan-Nya kasih setia-Nya. Dia menyediakan, yang kuperlukan. Menyatakan kebaikan-Nya padaku. Kasih setia-Nya tak pernah berubah, dulu, sekarang dan selamanya. Ajaiblah kuasa dalam nama-Nya. Yesus ku luar biasa._ itu syair lagu yang cukup familiar di kalangan orang Kristen.

Syair lagu itu dapat menggambarkan tentang kondisi umat Israel seperti yang disampaikan Musa kepada mereka di seberang Sungai Yordan, sebelum mereka memasuki tanah Kanaan. Allah melakukan kebaikan kepada semua orang Israel, termasuk orang Lewi yang dikhususkan dalam tugas pelayanan kepada Allah, dan semua orang asing yang sudah berbaur dan hidup bersama dengan mereka.

Bacaan Alkitab
Bacaan Alkitab (pixabay.com)

Kebaikan Allah memang tak terhingga kepada umat Israel. Mereka dikasihi dan diberkati-Nya secara ajaib, heran dan dahsyat. Keluarga mereka dipelihara dan diberkati Allah dengan limpahnya.

Tidak ada allah seperti Allah kita. Tiada satupun di antara orang Israel yang tidak diberkati-Nya. Oleh kasih karunia Allah, semua orang Israel tanpa kecuali menerima dan merasakan kebaikan Tuhan kepada mereka, seumur hidup mereka. Tiada hari tanpa kasih karunia Allah bagi mereka.

Itulah sebabnya, Musa mengingatkan mereka semua, orang Lewi dan orang asing serta seisi keluarga mereka, harus bersukaria atas kebaikan Tuhan itu. Sukaria itu merupakan tanda sukacita dan ungkapan syukur atas penyertaan, berkat, kasih dan anugerah Tuhan bagi mereka.

Oleh kebaikan Allah-lah mereka menerima segala yang mereka miliki. Karena itu, ketika mereka semua telah berada di Tanah Perjanjian, mereka harus bersukaria di dalam Tuhan. Itu adalah pernyataan rasa kagum, bangga dan hormat, tapi juga rasa syukur kepada Tuhan atas segala kebaikan-Nya yang tak terhingga itu bagi seluruh umat-Nya.

Ketika bangsa itu berada di tanah Perjanjian, mereka harus selalu mengingat akan kebaikan Allah sebelumnya. Tapi juga harus menyadari bahwa apa yang mereka nikmati di tanah yang berlimpah susu dan madunya itu adalah karena kebaikan Tuhan. Karena itu mereka harus selalu bersukaria di dalam Allah yang melakukannya.

Demikian firman Tuhan hari ini.
  ''dan haruslah engkau, orang Lewi dan orang asing yang ada di tengah-tengahmu bersukaria karena segala yang baik yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu dan kepada seisi rumahmu." (ay 11)_

Seperti kepada bangsa Israel, Allah di dalam Tuhan Yesus Kristus juga telah melakukan berbagai kebaikan-Nya kepada kita. Tak ada satupun di antara kita umat Tuhan, pengikut Kristus yang tidak pernah mengalami kebaikan Tuhan.

Atau adakah di antara kita yang tidak pernah menerima kebaikan Tuhan? Kalau ada yang mengatakan yah, itu artinya dia sedang hidup dalam kemunafikkan dan penuh dusta. Mengapa? Karena apapun keadaan kita saat ini dan bagaimanapun, kita boleh ada karena kebaikan Tuhan.

Kita tidur nyenyak dalam keadaan tidak sadar dan tidak tahu apapun yang akan terjadi pada diri kita, Tuhan jaga dan lindungi hingga bangunkan kita di setiap pagi. Itu namanya kebaikan rutin yang tiada berkesudahan dari Allah untuk kita. Itu bukan hak milik kita, tapi itu semua karena Tuhan yang baik atas kita.

Terkadang kita menganggap bahwa nafas dan udara yang kita hirup, kesehatan, kebebasan menggunakan mulut berbicara, kaki berjalan, tangan bekerja, mata melihat, telinga mendengar dll, adalah karena kemampuan kita.

Bukan!
Sadarkah kita bahwa semua itu hanya karena kebaikan Tuhan bagi kita? Jangan sombong dan merasa diri hebat

Sebab semua yang ada pada kita, kecakapan, kekayaan, pangkat, jabatan dll, kita dapatkan hanya karena kebaikan Tuhan bagi kita.

Sebagai keluarga dan orang Kristen, kita harus sadar diri bahwa kita boleh ada sebagaimana kita ada dan menikmati hidup ini dengan bebasnya, sesungguhnya hanya karena kebaikan Tuhan bagi kita.

Karena itu, hendaklah kita hidup bersukaria di dalam Tuhan. Yakni hidup yang berkenan dan menyenangkan hati Tuhan. Hidup yang terus memuliakan Dia, serta terus setia dan taat kepada Tuhan Yesus Kristus. Itulah yang berkenan kepada-Nya. Lakukanlah itu, sehingga hidup kita dan keluarga diberkati untuk jadi berkat bagi semua orang. Amin

DOA: Tuhan Yesus, kami sungguh bersukaria menerima dan menikmati segala kebaikan-Mu. Terpujilah nama Tuhan kekal selamanya dan berkatilah kami selalu. Amin

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved