Nasional

Reaksi Masinton Pasaribu Atas Tudingan SBY Pemilu 2024 Akan Dipenuhi Kecurangan: Tidak Relevan

Masinton Pasaribu menyebut tudingan SBY terkait Pemilu 2024 harus dibarengi dasar dan alasan yang jelas.

Editor: Isvara Savitri
VOI
Masinton Pasaribu. Politisi PDIP, Anak Buah Megawati. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Beberapa waktu lalu, mantan presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, menyebut bahwa Pemilu Serentak 2024 akan dipenuhi kecurangan.

Pernyataan tersebut dikritik oleh Politikus PDI-Perjuangan, Masinton Pasaribu.

Pasaribu mengatakan bahwa tudingan tersebut harus memiliki dasar dan alasan yang jelas.

Sebab kata dia, jika hanya sifatnya konon atau kata orang, maka informasi tersebut harus kembali dikonfirmasi.

Hal ini disampaikan Masinton menanggapi pernyataan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat yang juga Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) soal indikasi pemilu 2024 dipenuhi kecurangan.

"Kalau kita bicara tentang kecurangan, tentu apalagi itu dikaitkan dengan agenda pemilu, menurut saya tudingannya kan harus berdasar juga, nggak boleh yang katanya konon, kalau konon kan harus sebuah informasi yang perlu dikonfirmasi kembali," kata Masinton dalam diskusi Dialektika Demokrasi bertajuk 'Benarkah Pemilu 2024 Akan Curang?', Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Mobil Listrik Bisa Jadi Tunggangan Baru Para Pejabat, DPRD Sulawesi Utara: Belum Ada Pembicaraan

Baca juga: Berikut Nama-nama yang Siap Berlaga di Partai Final Tournament Badminton WKI 1 Richard Mainaky 

Menurutnya jika tudingan pemilu curang hanya berdasarkan pada jumlah pasangan calon yang maju dalam pilpres, maka hal tersebut tidak lagi relevan.

Pasalnya penentuan pencalonan presiden dan wakil presiden sudah diatur oleh undang-undang yang dibuat oleh DPR, seluruh partai politik dan pemerintah.

"Kalau dikatakan dua pasang sebagai kecurangan, menurut saya yang menjadi sangat tidak relevan, karena presidential threshold diatur oleh undang-undang," katanya.

Sekjen PDIP Sindir SBY soal Pemilu 2009 yang menjadi Puncak Kecurangan Demokrasi RI. Sebut SBY Tak Bertanggung Jawab.
Sekjen PDIP Sindir SBY soal Pemilu 2009 yang menjadi Puncak Kecurangan Demokrasi RI. Sebut SBY Tak Bertanggung Jawab. (Kolase Tribun Manado/Foto Antara News/Kompas TV)

Sehingga jika ada parpol yang tidak memenuhi syarat pencalonan presiden, undang-undang telah memberikan kesempatan lewat koalisi atau gabungan partai politik.

"Yakinkan dong partai-partai lain agar bisa mencalonkan sama-sama, kan undang-undangnya begitu. Kalau kemudian di setting dua pasang, terus curang, curangnya di mana?," jelas dia.(*)

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Masinton Pasaribu Soal Tudingan SBY Pemilu 2024 Akan Penuh Kecurangan: Dasarnya Apa?.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved