Apa Itu

Apa Itu Stagflasi? Situasi Ekonomi yang Diwanti-wanti Bank Dunia, Berikut Penyebab hingga Dampaknya

Pembuat kebijakan moneter menemukan kombinasi ini sangat sulit untuk ditangani, karena upaya untuk memperbaiki salah satu faktor dapat memperburuk

Fernando Lumowa/Tribun Manado
Kepala BPS Sulut, Dr Ateng Hartono menjelaskan data inflasi Sulut Bulan Desember 2019 di kantornya, Kamis (02/01/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Apa Itu Stagflasi?

Kata stagflasi pertama kali dipakai oleh politisi Inggris, Macleod untuk menggambarkan kondisi inflasi dan stagnasi yang dialami oleh United Kingdom pada 1965.

Negara Amerika Serikat juga pernah mengalami stagflasi pada tahun 1970-an akibat dari embargo minyak negara Arab Saudi dan negara-negara lainnya.

Baca juga: Cegah Penularan Penyakit, Kadis Kesehatan Tomohon Ingatkan Warga Pentingnya Kebersihan Lingkungan

AS merupakan importir minyak terbesar di dunia, sehingga terhambatnya pasokan minyak menyebabkan inflasi hingga 3 kali lipat dari dekade sebelumnya.

Disinggung Bank Dunia

Presiden Bank Dunia David Malpass pada Rabu (28/9/2022) kemarin, memperingatkan negara-negara di dunia mengenai meningkatnya risiko stagflasi.

Dalam pidatonya di Universitas Stanford, Malpass juga menyampaikan kemungkinan peningkatan resesi di Eropa seiring dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi China dan output ekonomi Amerika Serikat yang telah berkontraksi pada paruh pertama tahun ini.

Perkembangan tersebut dapat berdampak besar bagi negara-negara berkembang, kata Malpass.

"Negara berkembang menghadapi prospek jangka pendek yang sangat menantang yang dibentuk oleh harga pupuk dan energi yang meningkat tajam, kenaikan suku bunga dan spread kredit, depresiasi mata uang dan arus keluar modal. Bahaya yang mendesak bagi negara berkembang adalah bahwa perlambatan tajam dalam pertumbuhan global semakin dalam ke dalam resesi global," ungkap David Malpass, yang dikutip dari Reuters.

Untuk mengatasi "badai" dari kenaikan suku bunga yang melanda saat ini, inflasi yang tinggi serta pertumbuhan ekonomi yang melambat, dibutuhkan pendekatan makro dan mikro ekonomi baru, termasuk pengeluaran yang ditargetkan lebih baik dan upaya yang disampaikan dengan jelas untuk meningkatkan pasokan, kata Malpass.

Lantas, apa itu fenomena stagflasi yang mengancam sejumlah negara-negara di dunia? simak penjelasannya di bawah ini mengenai pengertian, penyebab dan dampaknya:

Apa itu Stagflasi?

Melansir dari Investopedia, stagflasi adalah situasi ekonomi yang ditandai dengan pertumbuhan yang lambat dan tingkat pengangguran yang tinggi disertai dengan inflasi.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved