Bitung Sulawesi Utara

Pemkot Bitung Fokus Rumah Tak Layak, Oma Dorcas dan Suami Senang Rumah Tak Bocor Lagi

Sejumlah masyarakat Kota Bitung menerima program BSPS. Program tersebut merombak total rumah masyarakat yang kurang mampu.

Tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere
Direktur Jenderal Perumahan Kementrian PUPR RI, Iwan Suprijanto dan Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, mendatangi dan mengecek masyarakat yang mendapat program BSPS di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Selasa (27/9/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG – Pasangan suami istri di Kelurahan Manembo-Nembo, Kecamatan Matuari, Kota Bitung, Sulawesi Utara, merasa senang.

Pasalnya, rumah semi permanen keluarga Poneke Langkun di Lingkungan 2 RT 03 dan RT 04 Kelurahan Manembo-Nembo Kecamatan Matuari, itu disulap jadi rumah permanen.

Rumah yang dihuni pasangan suami istri Jhonny Poneke (80) dan Dorcas Langkun (69), awalnya bocor beberapa titik di bagian atap.

Kemudian dengan program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) Kementerian PUPR, rumah mereka dirombak total.

Program BSPS diperjuangkan pemerintah Kota Bitung dan pihak terkait lainnya bagi 22 masyarakat kurang mampu di Kelurahan Tanjung Merah, Kecamatan Matuari.

Di Kelurahan Manembo-Nembo Tengah ada empat unit, Danowudu dua unit, dan Kelurahan Manembo-Nembo 22 unit yang diperbaiki.

Baca juga: Arti Mimpi Digoda Suami Orang, Jika Kamu Masih Remaja Bisa Jadi Pertanda Baik

Baca juga: Apa Itu Jan Cox? Ini Penjelasannya, Nama Tank Milik Tentara Belanda Saat Bertempur di Surabaya

“Sekarang sudah tidak bocor lagi, tidur sekarang nyaman,” kata Oma Dorcas Langkun (69) didampingi Jhonny Poneke (80).

Setiap hari pasutri yang sudah usia lanjut itu dinafkahi oleh anak-anaknya.

Direktur Jenderal Perumahan Kementrian PUPR RI, Iwan Suprijanto, mendatangi dan mengecek program BSPS dan Rusunawa UPTD BPTK Provinsi Sulut di Kota Bitung, Selasa (27/9/2022).

Wali kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM dan Direktur Jenderal Perumahan Kementrian PUPR RI, Iwan Suprijanto ST MT ke rumah BSPS.
Wali kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM dan Direktur Jenderal Perumahan Kementrian PUPR RI, Iwan Suprijanto ST MT ke rumah BSPS. (tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere)

Ia didampingi oleh Wali kota Bitung, Maurits Mantiri, dan Pj Sekda Kota Bitung, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sulawesi I, Recky Walter Lahope.

Pada kesempatan itu, Iwan Suprijanto sempat berinteraksi dengan pemilik rumah.

Dia menanyakan bagaimana perasaan para penghuni menempati rumah yang sudah di renovasi.

Baca juga: Perbedaan Orang Pintar dan Orang Bijak

Baca juga: BERITA FOTO: 2 Terduga Pelaku Sabu di Minahasa Tenggara Diamankan Dit Resnarkoba Polda Sulut

Pada kesempatan itu, Iwan dan Wali Kota Bitung memasang plang di rumah program BSPS.

“Kami atas nama masyarakat Kota Bitung, menyampaikan banyak terima kasih ke Pak Menteri PUPR melalui Dirjen Perumahan, sudah membantu perbaiki rumah warga yang kurang mampu lewat program BSPS di Kota Bitung. Program ini sangat berdampak baik untuk masyarakat yang rumahnya kurang layak,” kata Maurits Mantiri.

Pemkot Bitung dibawah kepemimpinan Maurits Mantiri dan Hengky Honandar sangat fokus dengan keberadaan masyarakat yang rumahnya tidak layak huni.

Direktur Jenderal Perumahan Kementrian PUPR RI, Iwan Suprijanto
Direktur Jenderal Perumahan Kementrian PUPR RI, Iwan Suprijanto dan Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, mendatangi dan mengecek masyarakat yang mendapat program BSPS di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Selasa (27/9/2022).

Pemkot Bitung memiliki program mirip dengan BSPS untuk masyarakat kurang mampu, yaitu bedah rumah di Dinas Sosial Kota Bitung.

Sebelumnya, rombongan Ditjen Perumahan Kementerian PUPR RI, mendatangi dan mengecek program Rusunawa UPTD BPTK Provinsi Sulut di Kota Bitung, diterima Kepala Seksi Pelatihan Tenaga Kerja UPTD Balai Pelatihan Tenaga Kerja (BLK) Bitung, Denny M. Mewengkang.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved