Minahasa Sulawesi Utara

Dishub Minahasa Kawal Penyesuaian Tarif, Maya Kainde: Menaikkan Tarif Sepihak, Cabut Izin Trayek

Dinas Perhubungan Minahasa terus memantau penyesuaian tarif di terminal dan jalanan. Akan ada sanksi bagi sopir angkutan umum yang tidak patuh.

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Isvara Savitri
Tribunmanado.co.id/Mejer Lumantow
Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa saat ini rutin mengawasi penyesuaian tarif angkutan umum di semua terminal yang ada di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MINAHASA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Minahasa saat ini rutin mengawasi penyesuaian tarif angkutan umum di semua terminal yang ada di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Hal ini dilakukan pasca dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Bupati Minahasa tentang penyesuaian tarif baru tahun 2022.

Kepala Dinas Perhubungan Minahasa, Maya Kainde, menegaskan pihaknya secara rutin memantau di sejumlah terminal dan jalan.

"Ya, saat ini kita sementara lakukan pemantauan langsung di terminal-terminal, untuk memastikan penyesuaian tarif baru. Apakah sudah diterapkan sesuai dengan SK Bupati atau belum," tegas Kainde kepada Tribunmanado.co.id, Rabu (28/9/2022).

Selain itu, kata dia, pihaknya juga turun langsung ke jalan untuk memastikan tidak ada keluhan dari masyarakat terkait penyesuaian tarif baru.

Dirinya berharap para pelaku transportasi baik trayek dalam kota hingga pedesaan agar mematuhi tarif yang sudah diterbitkan oleh pemerintah. 

Baca juga: Pria Asal Kalimantan Ditemukan Tergantung di Minahasa, Sempat Hubungi Istri Sebelum Tewas 

Baca juga: Kisah Siti TKW di Arab Saudi, Digilir Dua Majikan, Bahkan Sering Tidur Sekamar

"Dan jika kedapatan ada oknum-oknum supir yang menaikkan tarif secara sepihak, tentunya ada sanksi. Kita cabut surat izin trayek, dan jika tetap beroperasi, konsekuensinya akan ditilang, dan mobil tersebut tidak lagi diizinkan beroperasi," tegas Kainde. 

Sementara itu secara terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Minahasa, Mekry Sondey, menjelaskan soal sanksi bagi kendaraan yang tidak mematuhui penyesuaian tarif baru. 

Pihaknya hanya menunggu laporan dari dinas terkait.

Ft. Mjr Cap Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Minahasa saat
Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa saat ini rutin mengawasi penyesuaian tarif angkutan umum di semua terminal yang ada di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

"Ya, kita tinggal menunggu saja. Jika memang ada rekomendasi dari Dinas Perhubungan untuk pencabutan izin trayek, baru kita tindaklanjuti," tandas Sondey.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved