Minahasa Sulawesi Utara

Pendaftaran Panwascam Bawaslu Minahasa Ditutup

Pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) resmi ditutup Badan Pengawas Pemilu Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa.

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Mejer Lumantow
Pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) resmi ditutup Badan Pengawas Pemilu Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) resmi ditutup Badan Pengawas Pemilu Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa, Selasa (27/9/2022).

Dari informasi, sekira 100 orang pelamar Panwascam sudah terdaftar di Bawaslu Minahasa. 

Sebelumnya, Bawaslu Minahasa telah membuka pendaftaran atau rekrutmen calon Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) dalam rangka Pemilu Serentak Tahun 2024.

Pendaftaran calon Panwascam Pemilu Serentak 2024 ini dibuka mulai tanggal 21 hingga 27 September 2022 di Kantor Bawaslu Kabupaten Minahasa di Kelurahan Sasaran Kecamatan Tondano Utara.

Ketua Bawaslu Minahasa Rendy Umboh, SH, SSi, MSc, mengatakan bagi calon pendaftar Panwascam harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan. 

"Para peserta tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai sekurang-kurangnya 5 tahun pada saat mendaftar," kata Umboh, Selasa (27/9/2022).

Kemudian, kata Umboh, pelamar tidak pernah menjadi anggota tim kampanye salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR, DPD dan DPRD serta pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sekurang-kurangnya dalam jangka waktu 5 tahun.

Selain itu, menurut Umboh, para pelamar harus menyiapkan berkas-berkas mulai dari foto copy KTP, pas foto berwarna, foto copy ijazah dan surat keterangan sehat. 

"Pendaftar juga harus mengirimkan surat lamaran disertai dengan surat pernyataan, dan daftar riwayat hidup beserta surat izin atasan langsung bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS)," tegasnya. 

Dikatakannya, semua persyaratan dan formulir berkas administrasi serta keterangan ketika sudah dimasukkan, jika memenuhi ketentuan serta persyaratan, barulah kita masuk pada tahapan pemeriksaan selanjutnya seperti akan ada seleksi menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) dan seleksi wawancara.

"Jadi Panwascam ini masa kerjanya, mulai dari saat diterima hingga penetapan pemenang peserta pemilu serentak tahun 2024 mendatang," sebut Umboh.

Dijelaskannya, Kuota yang dibutuhkan setiap kecamatan sebanyak 3 orang Panwascam dari 25 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Minahasa.

"Jika pada masa pendaftaran Panwascam tidak memenuhi kuota dari 6 pendaftar. Artinya, 3 yang akan diterima dan 3 nya lagi jadi cadangan. 

Maka kami akan mengumumkan satu hari ada penambahan jadwal untuk pendaftaran, begitu juga perpanjangan masa pendaftaran tujuh hari," jelas Umboh.

Lanjutnya lagi, seluruh proses seleksi ini nantinya akan menghasilkan tiga orang anggota Panwascam beserta tiga orang cadangan per kecamatan.

“Kita berharap, proses pelaksanaan rekrutmen ini bisa berjalan dengan baik. Kemudian Panwascam yang kita dapatkan adalah orang-orang punya kualitas, kapabilitas dan juga memiliki integritas," tandasnya. (Mjr)

Tyrell Malacia Temukan Posisi Baru Jelang Manchester City vs Manchester United

Inilah Brigata The Man, Pemain ke 13 Sulut United di Stadion Klabat Manado

 

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved