Minsel Sulawesi Utara

Tonaas LMI Minsel Sulawesi Utara Minta Pemerintah Sediakan Pabrik Kelapa di Setiap Kecamatan

LMI Minahasa Selatan meminta pemerintah setempat memperhatikan potensi yang ada. Mereka meminta ada pabrik kelapa di setiap daerah.

Penulis: Manuel Mamoto | Editor: Isvara Savitri
Tribunmanado.co.id/Manuel Mamoto
Ketua LMI Minsel, Tonaas Tommy Pantow (kanan). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MINSEL - Laskar Manguni Indonesia (LMI) Minahasa Selatan merupakan salah satu organisasi masyarakat besar yang ada di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara

LMI saat ini dipimpin oleh Tonaas Tommy Pantow.

Anggota yang tergabung dalam ormas ini sudah lebih dari 20 ribu orang. 

Semboyan Sam Ratulangi, "Sitou Timou Tumou Tou" yang artinya "kita hidup untuk menghidupkan orang lain" menjadi landasan sekaligus filosofi dari ormas ini. 

Tonaas Tommy Pantow saat wawancara dengan Tribunmanado.co.id di lokasi perkebunan Tombeng, Desa Tawaang, Kecamatan Tenga, mengatakan LMI saat ini fokus pada pelayanan sosial membantu masyarakat yang berkekurangan. 

"LMI sekarang sudah ada dibeberapa kecamatan dan bulan depan rencananya akan ada pelantikan pengurus di Kecamatan Motoling Barat. Untuk saat ini LMI lebih berfokus kepada pelayanan sosial, dimana LMI bersinergi dengan pemerintah untuk menunjukkan kepedulian kepada sesama dengan filosofi Sitou Timou Tumou Tou. Kita sebagai orang Minahasa Selatan harus menunjukkan kepedulian yang besar terhadap sesama. Belum lama ini LMI membantu seorang kakek di Desa Wawontulap, Kecamatan Tatapaan untuk memiliki tempat tinggal yang layak. Kerinduan kami kalau bisa ke depan di Minsel tidak ada lagi orang yang hidup di bawah garis kemiskinan," ujar Tonaas. 

Baca juga: Ini Penyakit Menular di Minut Sulawesi Utara, Kadis Kesehatan: Pengobatan Gratis 

Baca juga: Teten Masduki Beberkan Rencana Jokowi di Sidang Paripurna HUT ke-58 Sulawesi Utara

Tonaas LMI Minsel merasa salut dengan pemerintah saat ini yang berada di bawah kepemimpinan Franky Donny Wongkar (FDW) dan Petra Yani Rembang (PYR). 

"Melihat dari pemerintah saat ini mereka begitu kompak. FDW PYR selalu bersama. Namun dari segi perkembangan daerah saat ini masih belum terlalu nampak, mengingat kondisi saat ini pemerintah masih berbenah untuk Minsel bisa pulih dari pandemi Covid-19. Apalagi diperhadapkan dengan naiknya harga BBM saat ini. Bersyukur di Minsel tidak terlalu terasa dampaknya," tutur Tonaas. 

Tommy Pantow meminta pemerintah melihat potensi daerah yang ada untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. 

Foto isak// Ketua LMI Minsel Tonaas Tommy Pantow Beli Bibit
Ketua LMI Minsel, Tonaas Tommy Pantow membeli bibit ikan mas di Desa Tawang, Kecamatan Tenga, Minsel, Sulawesi Utara, Kamis (22/9/2022).

"Kalau bisa kami menyarankan pemerintah saat ini dapat menggali potensi yang ada di daerah yang bisa mendatangkan pemasukan bagi masyarakat. Contohnya Minsel memiliki hasil kelapa yang berlimpah seperti di Kecamatan Sinonsayang, Tenga, Amurang Barat, Amurang, Tumpaan, Tatapaan dan di kecamatan lainnya. Bagaimana kalau di setiap kecamatan tersebut ada pabrik yang bisa mengolah hasil dari petani kelapa dan kita pasarkan. Pasti akan mendatangkan keuntungan bagi masyarakat selain mendatangkan income bagi daerah karena ada lapangan kerja bagi masyarakat. Kami juga berharap kepada pemerintah agar bisa membuka peluang sebesar-besarnya bagi investor untuk masuk ke minsel, "jelasnya. 

Selain mengurus ormas, Tommy Pantow diketahui memiliki beberapa usaha yang dikelola sendiri mulai dari perkebunan, peternakan, hingga jenis usaha lainnya. 

Baca juga: Chord Gitar dan Lirik Lagu Wanita Munafik - Sejedewe, Kau Fikir Kau Menarik

Baca juga: Cewek Manado Sherina Yosefie Safitra Terpilih Sebagai Putri FEB Unsrat 2022

"Selain saya sebagai ketua LMI, saya juga memiliki beberapa usaha yang sedang dijalankan saat ini. Karena sebagai pemimpin ormas kita itu tidak digaji. Bahkan kerinduan saya itu bekerja untuk bisa membantu anggota-anggota kita yang layak dibantu. Saya beternak, berkebun dan ada juga usaha yang lain yang bisa menambah pemasukan yang penting halal dan tidak merugikan orang lain. Contohnya saat ini saya lagi belajar budidaya ikan air tawar dan datang langsung kepada saudara Yoke Bala salah satu yang sudah berhasil membudidayakan ikan sekaligus membeli bibit ikan disini," tutup Tonaas Tommy Pantow.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved