RHK Kamis 22 September 2022

RENUNGAN KRISTEN - 2 Korintus 8:8-9 Kemiskinan yang Membuat Kita Kaya

Tiada tuhan seperti Tuhan kita Yesus Kristus. Dia dengan segala kehormatan, kemuliaan, kekayaan dan kemahakuasaan-Nya sebagai Tuhan,

Editor: Aswin_Lumintang
granthamchurch.org
Bacaan Alkitab 

2 Korintus 8:8-9

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tiada tuhan seperti Tuhan kita Yesus Kristus. Dia dengan segala kehormatan, kemuliaan, kekayaan dan kemahakuasaan-Nya sebagai Tuhan, rela meninggalkan kedigdayaan ke-Tuhan-an-Nya di sorga yang agung dan mulia itu, masuk dalam dunia yang fana, dan menjadi miskin.

Dia rela menjadi miskin menderita, tersiksa dan mati tersalib, demi kemuliaan dan keagungan kita umat-Nya. Dia melakukan semuanya itu, agar kita yang miskin ini menjadi kaya oleh kemiskinan-Nya. Mengapa? Karena Dia rela menjadi "Manusia tak berdaya" sampai menderita dan miskin dalam kemanusiaan-Nya.

Itulah pelayanan kasih paling nyata dan paling sempurna. Yesus Yang Sempurna dibuat tidak berdaya dalam kemanusiaan-Nya, menderita dan rela tersiksa untuk kita. Dia mengorbankan segalanya demi kita, agar kita menerima kekayaan dan mahkota kemuliaan bersama-Nya di sorga mulia.

Ilustrasi Renungan
Ilustrasi Renungan (internet)

Karena itu, Paulus mengingatkan kepada jemaat Korintus agar mereka memerhatikan dan mengingat pelayanan kasih yang sempurna Yesus bagi umat-Nya. Dan, semua yang melakukan pengajaran dan keteladanan-Nya dengan melaksanakan pelayanan kasih kepada sesama, akan diberkati, diselamatkan dan diperkaya dalam segala hal.

Paulus menyatakan bahwa imbauannya agar jemaat Korintus melaksanakan pelayanan kasih kepada jemaat di Yerusalem, bukan sebagai perintah ataupun pemaksaan. Tetapi mau menunjukkan kepada mereka agar mengikuti teladan orang lain, khususnya jemaat Makedonia, dalam melaksanakan pelayanan kasih itu (kepada jemaat di Yerusalem). Sebab mereka bercermin dan berdasar pada pengajaran dan keteladanan Tuhan Yesus yang adalah Sumber segala sumber berkat dan kasih.

Apa yang dinyatakan oleh Paulus itu juga sekaligus menguji ketulusan dan keikhlasan hati jemaat Korintus dalam hal memberi dan melakukan pelayanan kasih. Hal ini diingatkan Paulus kepada mereka sebab mereka telah mengenal kasih karunia Tuhan Yesus bagi semua orang, termasuk juga bagi mereka. Karena itu mereka harus membuktikan hal pelayanan kasih yang tulus dan ikhlas berdasarkan kasih yang mereka miliki, dengan mewujudkan pelayanan kasih kepada jemaat di Yerusalem yang sudah kelaparan sejak setahun sebelumnya.

Demikian firman hari ini.
"Aku mengatakan hal itu bukan sebagai perintah, melainkan, dengan menunjukkan usaha orang-orang lain untuk membantu, aku mau menguji keikhlasan kasih kamu.
Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya." (ay 8, 9)

Nasihat Paulus kepada jemaat Korintus itu sengaja dia sampaikan dengan menggunakan kasih karunia Kristus sebagai dasar pelayanan kasih. Maksudnya agar mereka segera tergerak hatinya merealisasikan pelayanan kasih kepada orang-orang yang sudah kelaparan. Apalagi mereka adalah teman-teman seiman dan sepelayanan di dalam Tuhan Yesus Kristus.

Hal ini penting diingatkan Paulus agar semua orang Kristen yang sudah mengaku percaya pada Kristus, membuktikan keyakinan imannya dengan melakukan pengajaran dan keteladanan-Nya bagi seluruh umat manusia, terutama teman seiman mereka di Yerusalem.

Sahabat Kristus, kita adalah Israel baru. Kita adalah umat pilihan Allah karena kita telah yakin, percaya dan beriman kepada Dia. Kita adalah anak-anak kesayangan-Nya. Makanya kita jangan malu-maluin sebagai orang Kristen. Punya Tuhan yang luar biasa heran dan perkasa, tapi umat kesayangan hanya hidup biasa-biasa saja.

Hendaklah kita memaknai dan mewarnai hidup kita dengan pola, tindakan serta prilaku yang mencerminkan kehidupan ke-Kristen-an. Terutama dalam hal melakukan pelayanan kasih. Juga mewujudkan kasih dalam segala aspek kehidupan kita. Sehingga dari cara hidup kita orang akan mengenal Kristus dan menjadi percaya, serta beriman kepada Kristus yang nama-Nya ajaib dan amat sangat luar biasa itu.

Sebagai keluarga dan jemaat Kristen, marilah kita selalu menjadi pionir bahkan pelopor, contoh dan teladan bagi semua orang, terutama dalam hal pelayanan kasih.

Tuhan Yesus telah memberi contoh dan teladan dengan menyerahkan diri-Nya seutuhnya bagi manusia agar kita diselamatkan dan memiliki hidup yang kekal serta menjadi kaya atas kemiskinan yang terjadi pada Kristus. Lakukanlah perintah Yesus maka selamatlah dan diberkatilah kita dalam segala hal. Amin

Doa: Tuhan Yesus, Engkau telah memberi hidup-Mu untuk kami. Pakailah kami terus jadi hamba-Mu yang setia dan taat kepada-Mu. Amin

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved