RHK Kamis 22 September 2022

BACAAN ALKITAB MALAM — 2 Korintus 8:8 – Mengenal Kasih Karunia Tuhan Yesus

Keluarga KrIsten yang dikasihi dan diberkati Tuhan Yesus. Orang percaya dipanggil untuk meneladani hidup

Editor: Aswin_Lumintang
pixabay.com
Bacaan Alkitab 

— 2 Korintus 8:8 –
"Aku mengatakan hal itu bukan sebagai perintah, melainkan, dengan menunjukkan usaha orang-orang lain untuk membantu, aku mau menguji keikhlasan kasih kamu."
----------------------------------

Bacaan Alkitab
Bacaan Alkitab (pixabay.com)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Keluarga KrIsten yang dikasihi dan diberkati Tuhan Yesus.
Orang percaya dipanggil untuk meneladani hidup dalam iman yang ditunjukkan tokoh-tokoh dalam Alkitab. Dari Abraham, Daud, Petrus dan dari banyak tokoh lainnya orang percaya dapat belajar.

Paulus pun memakai contoh jemaat-jemaat di Makedonia dalam hal pelayanan kasih yang mereka lakukan sebagai model bagi jemaat di Korintus.

Namun demikian, Paulus tidak berhenti pada jemaat-jemaat di Makedonia sebagai contoh dan standar dalam memberi.

Paulus mengarahkan jemaat kepada standar tertinggi dalam memberi dengan menunjuk pada Yesus Kristus sendiri.

Jemaat di Korintus diingatkan kembali bahwa mereka telah mengenal kasih karunia Tuhan Yesus Kristus. Kasih karunia inilah yang menjadi alasan terbesar bagi jemaat di Korintus untuk melanjutkan pelayanan kasih yang telah mereka Paulus menunjukkan kepada jemaat di Korintus bahwa kasih karunia Tuhan Yesus telah membuat mereka menerima kekayaan keselamatan melalui kesediaan-Nya mengalami kemiskinan dan lewat pengorbanan-Nya di kayu salib (bnd. Flp 2:5-11).

Hal ini dipakai Paulus untuk menyadarkan jemaat bahwa pemberian mereka kepada jemaat di Yerusalem tidak sebanding dengan besarnya kekayaan keselamatan yang telah mereka terima dari Tuhan Yesus Kristus.

Dengan mengemukakan prinsip-prinsip dan contoh-contoh yang melandasi tindakan jemaat untuk memberi, Paulus kemudian mendorong jemaat di Korintus untuk menyelesaikan apa yang telah mereka mulai untuk jemaat di Yerusalem. Sekaligus sebagai kesempatan jemaat untuk menunjukkan ketulusan kasih dan komitmen mereka. Keluarga Kristen yang dikasihi dan diberkati Tuhan Yesus.

Mengenal kasih karunia Tuhan Yesus Kristus berati menyadari betapa besar pengorbanan Kristus di kayu salib demi keselamatan kita.

Dari pengenalan dan kesadaran seperti ini, kita diajak supaya memiliki komitmen untuk hidup bagi kemuliaan Kristus, termasuk dalam kesediaan untuk membantu dan berkorban demi orang lain.

DOA: Tuhan Yesus, terima kasih untuk pengorbanan-Mu di atas kayu salib demi keselamatan kami. Tolonglah kami memaknainya dalam kesediaan kami menolong dan membantu orang lain. Amin

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved