Sitaro Sulawesi Utara

Pemkab Sitaro Dukung Instruksi Presiden soal Penggunaan Kendaraan Listrik untuk Pejabat

Pemerintah Kabupaten Sitaro Dukung Instruksi Presiden soal Penggunaan Kendaraan Listrik untuk Pejabat.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Pemkab Sitaro Dukung Instruksi Presiden soal Penggunaan Kendaraan Listrik untuk Pejabat 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Presiden Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 pada tanggal 13 September baru-baru ini.

Instruksi tersebut mengatur tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Dengan Inpres tersebut, jajaran pemerintah pusat maupun pemerintah daerah diminta untuk mempercepat penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional.

Terkait hal ini, Pemerintah Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menyatakan mendukung penuh percepatan penggunaan kendaraan listrik di lingkup pemerintah daerah.

Hanya saja, untuk daerah-daerah seperti Kabupaten Sitaro membutuhkan waktu lama dalam merealisasikan Inpres tersebut.

"Pemkab Sitaro pastinya mendukung. Tapi kondisi daerah kita belum menunjang. Karena untuk mobil listrik itu suprastrukturnya juga diperlukan," kata Pelaksana tugas (Plt) Asisten III Sekda, Ch Bob Wuaten, Rabu (21/9/2022).

Untuk memenuhi kebutuhan listrik guna menunjang pengoperasian kendaraan listrik di Kabupaten Sitaro diperlukan sarana dan prasara pendukung yang memadai.

"Harus ada charger dan sebagainya. Kita (Sitaro) saja listrik masih sering padam. Jadi belum (untuk tahun 2023)," lanjutnya.

Meski demikian, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman itu memastikan pemerintah daerah bakal menuju kebijakan kendaraan listrik tersebut.

"Tapi untuk kebijakan itu tetap (akan disiapkan). Pelaksanaannya akan bertahap. Nanti roadmap disesuaikan," jelas Wuaten. (HER)

Cek berita terbaru dan menarik lainnya DI SINI

Lakalantas Meningkat, Jasa Raharja Inisiasi Rapat Forum Komunikasi Lalulintas Sulawesi Utara 

Harga Sejumlah Bahan Pokok di Pasar Gengulang Kotamobagu Sulawesi Utara Naik

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved