RHK Rabu 21 September 2022

FIRMAN TUHAN - 2 Korintus 8:6-7 Kaya Dalam Pelayanan Kasih

Titus adalah seorang anak muda murid Paulus yang dipakai Tuhan secara luar biasa. Sama seperti Timotius

Editor: Aswin_Lumintang
Internet
Renungan Harian 

  2 Korintus 8:6-7
TRIBUNMANADO.CO.ID - Titus adalah seorang anak muda murid Paulus yang dipakai Tuhan secara luar biasa. Sama seperti Timotius, dia adalah seorang pemuda yang taat kepada Tuhan, melayani dengan tulus dan rela berkorban demi Kristus dalam pelayanan dan penginjilannya.

Dia telah turut serta dalam pelayanan kasih seperti yang dilakukan oleh jemaat Makedonia, kepada jemaat Kristen di Yerusalem.

Untuk memotivasi dan menggerakkan jemaat Korintus, maka Paulus mengutus Titus yang sudah berpengalaman dalam pelayanan kasih itu kepada jemaat Korintus. Padahal dia tergolong sangat muda dibandingkan jemaat dan pemimpin lainnya di Korintus.

Ilustrasi renungan
Ilustrasi renungan (internet)

Tapi Paulus merasa perlu mengirim Titus segera untuk membantu mempercepat pelaksanaan pelayanan kasih jemaat Korintus kepada jemaat di Yerusalem yang sudah menderita kelaparan.

Dia akan menyelesaikan pelayanan kasih itu bersama jemaat Korintus di sana karena dia sendiri telah memulainya. Sebab hal itu sudah dimulai sejak setahun sebelumnya.

Sebenarnya Paulus mengakui bahwa jemaat di Korintus meski banyak tantangan dan pergumulannya, juga memiliki banyak hal baik, positif dan konstruktif dalam pelayanan mereka.

Dia memuji jemaat di ibukota provinsi Akhaya itu sebagai jemaat yang kaya dalam segala hal. Inilah yang dia harapkan agar menjadi pendorong bagi mereka melanjutkan pelayanan kasih kepada mereka yang membutuhkannya di Yerusalem.

Paulus menyebut mereka sebagai jemaat yang kaya akan kebaikan. Antara lain, kaya dalam iman, kaya dalam perkataan, kaya dalam pengetahuan, kaya dalam kesungguhan untuk membantu sesama, dan kaya akan kasih kepada Paulus dalan pelayanannya. Potensi dan keunggulan inilah yang diharapkan Paulus memperlengkapi mereka dalam pelayanan kasih itu.

Demikian firman Tuhan hari ini.
'' Sebab itu kami mendesak kepada Titus, supaya ia mengunjungi kamu dan menyelesaikan pelayanan kasih itu sebagaimana ia telah memulainya.
  Maka sekarang, sama seperti kamu kaya dalam segala sesuatu, — dalam iman, dalam perkataan, dalam pengetahuan, dalam kesungguhan untuk membantu, dan dalam kasihmu terhadap kami — demikianlah juga hendaknya kamu kaya dalam pelayanan kasih ini." (ay 6, 7)_

Paulus menasihati jemaat Korinstus agar memanfaatkan kekayaan-kekayaan mereka itu untuk pelayanan kasih mereka ke Yerusalem. Berdasarkan kondisi dan potensi itu sebenarnya, Paulus yakin bahwa jemaat Korintus juga akan kaya dalam pelayanan kasih tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved