Ratu Elizabeth II Meninggal

Akhirnya Terungkap Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II Sangat Fantasi, Termahal di Inggris

Ratu Elizabeth II memecahkan rekor baru sebagai pemakaman termahal yang pernah ada di Inggris. Biaya pemakaman tersebut mencapai 8 juta poundsterling.

Instagram/@theroyalfamily
Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II Sangat Fantasi, Termahal di Inggris. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Akhirnya terungkap biaya pemakaman Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II memecahkan rekor baru sebagai pemakaman termahal yang pernah ada di Inggris.

Biaya pemakaman tersebut mencapai 8 juta poundsterling atau sekitar Rp 136,4 miliar (asumsi kurs Rp 17. 119, per pound).

Upacara pemakaman dilangsungkan di Kastil Windsor pada Senin (19/9) waktu Inggris, setelah melewati rangkaian upacara selama 10 hari pemakaman mantan penguasa kerajaan monarki Inggris ini dilaporkan menggunakan peti dari kayu oak yang berlapis timah.

Kayu tersebut diyakini berasal dari perkebunan Sandringham di Norfolk, Inggris.

Anggota 1st Battalion Grenadier Guards menggotong peti mati saat pemakaman Ratu Elizabeth II yang dibalut simbol Royal Standard menuju kereta meriam di luar Westminster Hall, Istana Westminster, London, Senin (19/9/2022). - Raja Charles III menuliskan catatan kecil di antara karangan bunga di atas peti mati Ratu Elizabeth II.
Anggota 1st Battalion Grenadier Guards menggotong peti mati saat pemakaman Ratu Elizabeth II yang dibalut simbol Royal Standard menuju kereta meriam di luar Westminster Hall, Istana Westminster, London, Senin (19/9/2022). - Raja Charles III menuliskan catatan kecil di antara karangan bunga di atas peti mati Ratu Elizabeth II. (AFP/EMILIO MORENATTI)

Pemilik perusahaan pembuat peti mati Leverton & Sons Andrew Leverton melaporkan bahwa kayu di peti mati Ratu Elizabeth II termasuk barang langka, karena bibit kayu tersebut hanya bisa didapatkan langsung dari Amerika.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5.0 SR Rabu 21 September 2022, Baru Saja Guncang di Laut, Info Terkini BMKG

Tidak disebutkan secara pasti berapa harga dari peti mati tersebut, namun karena bahannya yang tak biasa tentu saja membuat harga peti mati ini berada di luar kisaran harga peti mati pada umumnya.

Hadirnya tamu – tamu istimewa dari berbagai negara di dunia juga membuat kerajaan Inggris harus menggelontorkan jutaan pound, hanya untuk menyewa petugas keamanan selama proses pemakaman berlangsung.

Dengan menerjunkan ribuan polisi keamanan yang terdiri dari badan intelijen Mi5 dan Mi6 Inggris, polisi metropolitan

London serta dinas rahasia dan biro intelijen dari seluruh dunia, istana kerajaan Buckingham Inggris dikabarkan telah menggelontorkan biaya lebih dari 7,5 juta dolar AS atau 6,5 juta Pound.

"Ini adalah operasi kepolisian terbesar yang pernah dilakukan kepolisian Inggris, kemungkinan lebih besar dari harga keamanan untuk Olimpiade 2012 yang diadakan di London," kata Simon Morgan, mantan petugas keamanan kerajaan.

Dengan semua kemegahan yang ada pada peti mati dan serangkaian keamanan pada arak –arakan yang dilakukan selama

prosesi pemakaman, situs media asal London Full Fact memperkirakan pemakaman Ratu Elizabeth telah menghabiskan dana berkisar 8 juta pound sterling hingga 6 miliar pound sterling.

Sementara menurut laman US Magazine, biaya pemakaman Ratu Elizabeth II diperkirakan mencapai lebih dari 7,5 juta dolar AS.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved