Pejabat Paling Berpengaruh

Sosok Budi Gunawan, Kepala BIN yang Dianggap Sebagai Pejabat Paling Berpengaruh di Era Jokowi

Simak profil, biodata dan jejak karier dari sosok Budi Gunawan yang dianggap pejabat paling berpengaruh di masa Presiden Jokowi.

Editor: Tirza Ponto
Istimewa via Tribunnews.com
Sosok Budi Gunawan, Kepala BIN yang Dianggap Sebagai Pejabat Paling Berpengaruh di Era Jokowi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sosok Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan yang dianggap sebagai pejabat paling berpengaruh di masa pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan adalah Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Ia merupakan pensiunan jenderal polisi berpangkat Bintang 4.

Baca juga: BREAKING NEWS, Cucu Bunuh Kakek di Minahasa Sulawesi Utara, Polisi: Ada Indikasi Gangguan Mental

Kepala BIN Budi Gunawan di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat
Kepala BIN Budi Gunawan di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020). Inilah sosok Budi Gunawan, pejabat berpengaruh versi LPI di Pemerintahan Jokowi, nilai kalahkan Andika Perkasa

Ia mendapatkan nilai tertinggi dalam survei Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) bersama Indonesian Publik Institute (IPI), dan Indonesian Club (IC) dengan angka 2,39 persen.

Sementara di nomor dua ada Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dengan perolehan angka 2,38 persen.

Direktur Eksekutif LPI, Boni Hargens mengatakan, Budi Gunawan dianggap proaktif dalam berbagai kegiatan penanggulangan Covid-19.

Boni menuturkan, responden memilih Budi Gunawan karena peran BIN dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Kita lihat juga Kepala BIN sangat proaktif di dalam kegiatan vaksinasi," kata Boni pada acara launching survei di Jakarta, Sabtu (17/9/2022).

Lantas, siapa sosok Budi Gunawan yang dianggap sebagai pejabat berpengaruh versi LPI di Pemerintahan Jokowi?

Adapun Jenderal Pol (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D saat ini adalah Kepala BIN sejak 9 September 2016 sampai sekarang.

Mengutip dari TribunnewsWiki.com, sebelum menjadi Kepala BIN, BG pernah menjabat sebagai Wakapolri mendampingi Jenderal Pol. Badrodin Haiti sejak 22 April 2015 dan Jenderal Pol. Tito Karnavian sejak 13 Juli 2016, hingga dilantik sebagai Kepala BIN pada 9 September 2016.

Pada tanggal 2 September 2016, Presiden Jokowi menunjuk Jenderal Pol. Budi Gunawan menjadi Kepala BIN menggantikan Sutiyoso dan mengirimkan surat kepada DPR.

Sidang Paripurna DPR kemudian menyetujui hasil Fit & Proper Test Komisi I DPR terhadap Calon Kepala BIN yang dilakukan sehari sebelumnya.

Budi Gunawan menjadi unsur Polisi kedua setelah Jenderal Pol. Sutanto (2009-2011) yang memimpin lembaga telik sandi tersebut.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved