RHK Minggu 18 September 2022

RENUNGAN MALAM – 2 Korintus 8:1 — Kasih Karunia Sebagai Landasan

Keluarga Kristen yang dikasihi dan diberkati Tuhan Yesus. Kasih karunia (bahasa Yunani: charts) adalah

Penulis: Aswin_Lumintang | Editor: Aswin_Lumintang
hop.church
Bacaan Alkitab 

– 2 Korintus 8:1 —
"Saudara-saudara, kami hendak memberitahukan kepada kamu tentang kasih karunia yang dianugerahkan kepada jemaat-jemaat di Makedonia."
---------------------------------

Bacaan Alkitab
Bacaan Alkitab (pexels.com)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Keluarga Kristen yang dikasihi dan diberkati Tuhan Yesus. Kasih karunia (bahasa Yunani: charts) adalah kata yang muncul berulang kali dalam Perjanjian Baru, secara khusus dalam surat-surat Rasul Paulus.

Dalam surat 2 Korintus sendiri, secara khusus pasal 8:1-9:15, Paulus menyebut kata kasih karunia sebanyak sepuluh kali. Jelaslah bahwa penggunaan sebanyak itu tidak terjadi secara kebetulan.

Paulus menunjukkan bahwa kehidupan orang percaya adalah kehidupan yang dilandasi kasih karunia dari awal sampai akhir. Hal ini berlaku juga dalam tindakan pelayanan kasih yang dilakukan oleh jemaat-jemaat di Makedonia terhadap jemaat di Yerusalem.

Paulus menyebut hal ini sebagai kasih karunia yang dianugerahkan kepada jemaat-jemaat di Makedonia. Apakah yang dimaksud dengan kasih karunia yang dianugerahkan itu? Kasih karunia tersebut dapat berarti kehidupan baru dalam iman kepada Yesus Kristus yang diterima oleh orang-orang percaya di Makedonia.

Iman kepada Yesus Kristus berkembang di seluruh Makedonia, termasuk melalui pemberitaan Injil yang dilakukan oleh Paulus.

Gereja-gereja bertumbuh di sana. Itu semua adalah kasih karunia Allah. Kasih karunia inilah juga yang mendorong jemaat-jemaat di Makedonia untuk mengambil bagian dalam pelayanan kasih kepada jemaat di Yerusalem yang sedang menderita karena kemiskinan dan kelaparan.

Paulus menegaskan bahwa tindakan tersebut hanya dapat terjadi karena kasih karunia Allah yang memampukan mereka. Tanpa kasih karunia Allah, jemaat-jemaat di Makedonia tidak dapat melakukan pelayanan kasih mereka.
Keluarga Kristen yang dikasihi dan diberkati Tuhan Yesus.

Biarlah kita menyadari hal ini, yakni bahwa kehidupan sebagai orang percaya yang kita jalani adalah karena kasih karunia Allah.

Kita boleh ada sampai saat ini, melakukan aktivitas baik dalam keluarga, jemaat ataupun di masyarakat karena kasih karunia-Nya (only by his grace).

Apapun yang dapat kita lakukan jadinya bukan karena kekuatan kita sendiri. Karena itu, kiranya kasih karunia itu yang mendorong kita untuk melakukan pelayanan kasih kepada orang lain yang membutuhkan. Amin.

DOA: Ya Tuhan Allah di dalam Yesus Kristus, terirna kasih untuk kasih karunia-Mu yang telah menyelamatkan kami dan yang memampukan kami untuk bertindak dalam kasih terhadap orang lain. Amin.

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved