Bacaan Alkitab

Bacaan Alkitab, Senin 19 September 2022, Yohanes 1:4, Dalam Yesus Ada Hidup

Bacaan Alkitab hari ini terdapat dalam Yohanes 1:4 tentang dalam Yesus ada hidup.

Editor: Tirza Ponto
internet
Ilustrasi Renungan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bacaan Alkitab hari ini terdapat dalam Yohanes 1:4

Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.

Tribunners.

Kalau kita tidak memiliki Yesus, maka kita tidak memiliki apa-apa. Sebab hanya di dalam Dia, ada hidup. 

Jika kita dapat menikmati kasih dan kuasaNya, ini adalah karena kita memiliki hidup di dalam Yesus.

Dalam Yohanes 3:1-16, Nikodemus, seorang Farisi – pemimpin agama Yahudi; mengetahui bahwa di dalam Yesus ada “sesuatu”, namun saat itu ia belum memahami “sesuatu” yang ia maksudkan itu apa. Ia hanya tahu bahwa Yesus diutus dan disertai Allah. 

Ketika Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah" (Yohanes 3:3); iapun tidak mengerti, bahkan ia berpikir : bagaimana mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? 

Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?" Dalam percakapan selanjutnya, Yesus menjelaskan bagaimana Nikodemus harus dilahirkan kembali : Nekodemus harus mengakui bahwa hidupnya tidak berarti jika ia tidak percaya kepada Yesus, sebagai Anak Manusia yang telah diutus Bapa di sorga, yang memberikan hidup kekal kepada setiap orang yang percaya kepadaNya. 

Jadi jelas sekali, di dalam Yesus ada hidup, yaitu hidup yang penuh pengharapan dan kemenangan di bumi; dan hidup kekal di sorga nanti. Inilah “sesuatu” yang ada dalam Yesus, yang dimaksud oleh Nekodemus, yang sebelumnya tidak ia mengerti.

Hidup kita di dalam Yesus, adalah terang manusia. 

Artinya, hanya dengan tetap melekat dan taat kepada Tuhan, maka perjalanan hidup kita akan tetap terang (kita menjadi anak-anak terang); sehingga di manapun kita berada, seharusnya kita membawa dampak “menerangi” semua hal yang tersembunyi dan gelap. 

Sudahkah kita berdampak demikian? 

Sebab masih banyak orang yang belum mengenal Yesus, bahkan masih banyak jiwa yang terhilang di sekitar kita. 

Mata rohani mereka masih tetap buta. Untuk itu, kita perlu membawa “terang manusia Allah” kepada mereka, menuntun mereka supaya mereka juga memiliki hidup di dalam Yesus.

Tuhan Yesus menolong.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved