RHK Sabtu 17 September 2022

BACAAN ALKITAB - Ulangan 4:20 Menjadi Milik Allah

Orang Israel berada di Mesir selama 430 tahun, sejak Yusuf berada di negeri Firaun itu (Kel 14:20). Ketika Yakub dan anak-anaknya datang

Editor: Aswin_Lumintang
Internet
Renungan Harian 

Ulangan 4:20

TRIBUNMANADO.CO.ID - Orang Israel berada di Mesir selama 430 tahun, sejak Yusuf berada di negeri Firaun itu (Kel 14:20). Ketika Yakub dan anak-anaknya datang dan tinggal bersama Yusuf di Mesir, jumlah mereka hanya 70 orang saja (Kel 46:27).

Namun ketika bangsa Mesir tak mengenal lagi Yusuf dengan segala jasa-jasa dan perannya membangun negeri mereka serta seiring dengan bertambah banyaknya jumlah mereka di Mesir, maka rakyat dan Firaun, menjajah mereka. Mereka dipaksa bekerja rodi. Mereka pun sangat menderita. Itulah sebabnya Allah membebaskan mereka dengan menggunakan Musa sebagai pemimpin Israel keluar dari peleburan besi di Mesir itu. Ketika itu jumlah mereka tercatat berjumlah 603.550 orang (Bil 1:46).

Ini hanya laki-laki yang berusia 20 tahun ke atas. Tak termasuk perempuan, anak-anak, Lansia dan suku Lewi yang mendapatkan tugas khusus di hadapan Tuhan. Sehingga jika ditotal semuanya mencapai sekitar 2 juta orang.

Ilustrasi renungan
Ilustrasi renungan (internet)

Itulah proses peleburan besi dari Allah bagi umat-Nya Israel. Mereka sudah waktunya dibebaskan dari perbudakan. Kuat kuasa tangan kasih Tuhan lah yang membebaskan mereka dari dapur peleburan di tanah Mesir. Allah membawa mereka keluar menuju Tanah Perjanjian.

Tidak hanya membebaskan mereka dari perbudakan dan membawa mereka ke Kanaan, Tanah Perjanjian yang berlimpah susu dan madunya saja. Tapi Allah mengambil mereka dan menjadikannya sebagai milik-Nya sendiri. Itulah yang terjadi seterusnya, sampai dengan kita sebagai umat-Nya di zaman baru ini.

Yah, Israel dan juga kita sebagai orang Kristen yang percaya Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat dunia, telah diangkat dan dipilih serta diangkat atau dijadikan-Nya sebagai umat milik kepunyaan Allah. Bahkan kita menjadi biji mata Allah.

Demikian firman Tuhan hari ini.
"sedangkan TUHAN telah mengambil kamu dan membawa kamu keluar dari dapur peleburan besi, dari Mesir, untuk menjadi umat milik-Nya sendiri, seperti yang terjadi sekarang ini." (ay 20)

Proses peleburan besi bagi Israel di Mesir, cukup berat, lama dan menyiksa. Karena mereka dijajah dan bekerja paksa. Selain itu, Israel juga beberapa kali mengalami proses berat seperti itu. Mereka dibuang dan dijajah. Termasuk oleh raja Nebukadnezar.

Semua itu adalah gambaran bahwa orang percaya akan mengalami proses di dapur peleburan besi seperti orang Israel. Semua orang Kristen mengalami dan akan melewati berbagai persoalan hidup, tantangan dan hambatan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved