Sulawesi Utara

Gugus Tugas Reforma Agraria Dorong Pembagian Sertifikat Redistribusi Tanah ke Warga Sulawesi Utara

Menteri Agraria Tata Ruang Kepala Badan Pertanahan (ATR/BPN) RI, Hadi Tjahjanto menyerahkan 762 sertifikat Redistribusi Tanah

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Chintya Rantung
fernando lumowa/tribun manado
Warga Ongkaw Raya memperlihatkan sertifikat Redistribusi Tanah usai diserahkan Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto, Kamis (15/09/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Menteri Agraria Tata Ruang Kepala Badan Pertanahan (ATR/BPN) RI, Hadi Tjahjanto menyerahkan 762 sertifikat Redistribusi Tanah kepada masyarakat Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

Penyerahan berlangsung di Desa Ongkaw III, Kecamatan Simon sayang, Minsel, Kamis (15/09/2022).

Sebanyak 656 kepala keluarga mendapatkan bukti hak atas tanah dari pemerintah.

Terkait itu, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey mengungkapkan apresiasi atas keberpihakan Kementerian ATR/BPN kepada warga penerima Redistribusi Tanah.

"Kami sampaikan kasih kepada Menteri ATR BPN yang memberikan sertifikat bagi masyarakat penerima Program Reforma Agraria," kata Olly yang masih berada di luar negeri kepada Tribunmanado.co.id, Jumat (16/09/2022).

Olly yang juga Ketua Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Sulawesi Utara mengungkapkapkan, pihaknya terus mendorong Reforma Agraria melalui Redistribusi Tanah di Bumi Nyiur Melambai.

Secara khusus GTRA fokus pada bidang tanah pemerintah berstatus HGU (Hak Guna Usaha) yang tak dimanfaatkan lagi.

"Jika dialifungsikan akan memberi dampak positif bagi masyarakat," kata Olly.

Katanya, setelah Mangkit di Mitra dan Ongkaw di Minsel, ada beberapa lokasi lagi yang didorong menjadi prioritas Reforma Agraria.

"Selain di Minsel, Mitra, ada juga nanti di Minahasa Utara. Intinya kita akan sertifikasi tanah-tanah pemerintah yang diserahkan kepada masyarakat," jelas OD.

Terpisah, Kepala Kanwil BPN Sulawesi Utara, Lutfi Zakarua mengungkapkan, di Desa Ongkaw adalah Lokasi Prioritas Reforma Agraria di Sulut tahun 2021.

"Ongkaw ini satu di antara 13 LPRA di Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia," katanya.

Meski demikian, kata Zakaria, apa yang menjadi obyek Gugus Tugas Reforma Agraria Sulut pada tahun 2021 yang bersumber dari Tanah Negara Bekas Hak ada di Minut, Manado dan Minahasa. (ndo)

Baca juga: Gubernur Olly Dondokambey Beber Menariknya Investasi di Sulawesi Utara, Hyundai Sudah Duluan Masuk

Baca juga: Gubernur Olly Dondokambey Beber Menariknya Investasi di Sulawesi Utara, Hyundai Sudah Duluan Masuk

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved