Bolmong Sulawesi Utara

Dinkes Bolmong Sulawesi Utara Canangkan Imunisasi PCV Untuk Bayi

Dinkes Bolmong Sulawesi Utara Canangkan Imunisasi PCV Untuk Bayi: Paling Sukses dan Efektif.

Penulis: Sujarpin Dondo | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Surjapin Dondo
Penyuntikan Vaksin pada Seorang Bayi Secara Simbolis. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) canangkan Imunisasi pneumococcal cojugate vaccines (PCV), Senin (12/09/2022).

Pencanangan imunisasi PCV itu ditandai dengan vaksinasi kesalah satu bayi yang disaksikan langsung Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit usai membuka rapat kerja daerah kesehatan di Ball room Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Menurut Limi, Vaksin PCV pada bayi memegang peranan penting dalam mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi, salah satunya adalah pneumonia.

“Vaksin merupakan bentuk pencegahan terhadap pneumonia yang paling sukses dan efektif,” ucapnya.

Pemberian vaksin yang disertai perbaikan standar hidup, seperti tersedianya air bersih, dapat menurunkan angka kematian global pada anak usia di bawah 5 tahun.

Limi menambahkan pemberian vaksin diprioritaskan dalam 2 tahun pertama usia anak, karena sistem imun masih berkembang di usia tersebut.

“Untuk mencegah pneumonia, bayi akan diberi vaksin PCV (pneumococcal conjugate vaccines).

Vaksin ini tidak hanya dapat mencegah penyakit pneumonia, tetapi juga berbagai penyakit lain akibat bakteri pneumokokus, seperti meningitis, sinusitis, otitis media akut, dan bakteremia,” tambah Limi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bolmong Yulin Papuling menambahkan, imunisasi ini sebelumnya sudah ada, tetapi belum masuk ke dalam program pemerintah.

Namun untuk imunisasi yang dicanangkan Pemkan Bolmong, dilakukan secara gratis untuk anak usia 2,3 dan 12 bulan sebanyak 3 kali.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved