Sangihe Sulawesi Utara

13 Jalan Produksi di Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara Didanai PEN, 12 Tuntas 1 Mandek

Sebanyak 13 jalan produksi di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, dibiayan dana PEN. Dari 13 jalan, 12 jalan telah selesai namun yang satu mandek.

Penulis: Nelty Manamuri | Editor: Isvara Savitri
Tribunmanado.co.id/HO
Kepala Dinas Pertanian Kepulauan Sangihe, Goodfriet F Pella. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SANGIHE – Kepala Dinas Pertanian Kepulauan Sangihe, Goodfriet F Pella, mengatakan dari 13 paket proyek jalan produksi yang dibiayai dana program pemulihan ekonomi nasional (PEN) baru 12 paket yang selesai dikerjakan.

Satu paket sisanya, akan diusahakan selesai akhir bulan September 2022.

"Dari 13 paket pekerjaan jalan produksi dana PEN, sampai saat ini sudah 12 paket yang selesai dikerjakan, sedangkan satu paket diusahakan selesai akhir pada bulan September ini," kata Pella, Jumat (9/9/2022).

Menurutnya, satu paket jalan produksi yang sedang diselesaikan pekerjaannya berada di Kampung Dagho, Kecamatan Tamako, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Namun, realisasi fisik jalan produksi di Kampung Dagho posisi 31 Agustus 2022 sudah mencapai 86 persen dan diupayakan akhir bulan September ini selesai 100 persen.

“Penyelesaian pekerjaan jalan produksi di kampung Dagho terhambat diakibatkan masalah lahan sehingga jalur jalan harus diubah dan menjadikan proses pengaspalan menjadi agak sulit,” jelas Pella.

Baca juga: Akhirnya Terungkap Bripka Ricky Tak Menyesal, Ngaku Tak Salah, Siap Disidang Bersama Ferdy Sambo

Baca juga: Sosok Bahtiar, Kandidat Kuat Pengganti Anies Baswedan Sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta

Pella melanjutkan, sebanyak 12 paket jalan yang sudah selesai dikerjakan berada di Kampung Pindang, Kulur dua, Kalasuge, Bebu, Bahu, Kalekube, Kendahe I, Bira, Mala, Kelurahan Mahena, Pananekeng, serta Tariang Lama.

“Tiga belas paket jalan produksi tersebut dibiayai oleh dana PEN dengan anggaran Rp 22 miliar. Dan setiap paket jalan produksi berbeda pagu dana karena tergantung hasil perencanaan di lapangan, sebab rata-rata panjangnya di atas satu kilometer sementara lebar semua sama yaitu tiga meter,” tandasnya.

Pella juga menambahkan, paket jalan produksi di Kabupaten Sangihe, baru pertama kalinya memiliki panjang satu kilometer lebih.

Kepala Dinas Pertanian Sangihe Goodfriet F Pella
Kepala Dinas Pertanian Kepulauan Sangihe, Goodfriet F Pella.

Sebab biasanya hanya sekitar 700 meter.

Baca juga: Bocoran Cerita Sinetron Ikatan Cinta Jumat 9 September 2022, Aldebaran Bilang ke Andin Jangan Pergi

Baca juga: Peringatan Dini Besok Sabtu 10 September 2022, Info BMKG Wilayah Diperkirakan Potensi Cuaca Ekstrem

“Sehingga tidak hanya membantu petani mengangkut hasil panen, tapi turut berfungsi menjadi jalan alternatif," kunci Pella.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved