Bolmut Sulawesi Utara

Kadis Pertanian Sutrisno Goma Sebut Stok Pupuk Bersubsidi di Bolmut Sulawesi Utara Terbatas

Pupuk bersubsidi yang tersedia di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara tidak bisa mencukupi semua kebutuhan petani.

Penulis: Alpri Agogoh | Editor: Chintya Rantung
IST
Kadis Pertanian Bolmut Sulawesi Utara Sutrisno Goma 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kelangkaan pupuk seakan masih menjadi masalah klasik disetiap musim tanam.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Pertanian menyatakan, untuk mengantisipasi kurangnya ketersediaan pupuk bersubsidi, Pemkab Bolmut menganggarkan 2,7 miliar untuk pupuk di tahun 2022.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian Bolmut Sutrisno Goma saat ditemui Tribunmando.co.id Kamis, (8/9/2022) diruanganya.

Ia mengatakan, untuk pupuk bersubsidi yang tersedia di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara tidak bisa mencukupi semua kebutuhan petani.

"Saat ini untuk pupuk bersubsidi memang tidak bisa mencukupi semua kebutuhan petani, karena untuk tahun ini kuota pupuk bersubsidi jenis Urea cuma sekitar 1053 ton dan NPK 400 ton,"kata Sutrisno.

Jadi, lanjut Sutrisno, belum bisa memenuhi kebutuhan petani secara keseluruhan.

Sedangkan untuk pupuk non subsidi kata Sutrisno, masih tersedia hanya saja harganya sangat berbeda dengan pupuk bersubsidi.

"Kalau pupuk non subsidi itu sebenarnya tersedia, dan itu selalu kami cek di gudang yang ada di wilayah Kecamatan Sangkub stoknya ready terus. Hanya saja petani berharap ada ketersediaan pupuk bersubsidi," ungkapnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, Pemkab Bolmut melalui APBD tahun 2022 telah menyediakan anggaran 2,7 miliar untuk pengadaan pupuk Urea dan NPK.

"Anggaran pupuk 2,7 miliar sudah tersedia dan akan direalisasikan di APBD perubahan. Memang ada keterlambatan pengadaan karena harga pupuk naik maka kami masih melakukan penyesuaian dan Alhamdulillah, sudah rampung," tutupnya.

Baca juga: Joune Ganda Prediksi Skor Sulut United 2-1 Lawan Persipura: Minta Dukungan Masyarakat Sulawesi Utara

Baca juga: Pilu VI Istri Lettu Laut (P) Yudistira Pilot Pesawat Latih TNI Jatuh di Selat Madura, Hamil Tua

 

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved