Minahasa Sulawesi Utara

DPRD Minahasa Sorot Kinerja Empat OPD, Minta Percepat Serapan APBD Tahun 2022

DPRD Minahasa menyoroti kinerja empat OPD yang ada di Minahasa. Mereka diminta segera menyerap anggaran agar tidak ada yang mubazir.

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Isvara Savitri
Tribunmanado.co.id/Mejer Lumantow
Ketua DPRD Minahasa, Glady Kandouw. DPRD Minahasa sorot kinerja empat OPD di Minahasa, minta percepat serapan anggaran APBD tahun 2022 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MINAHASA - Sebanyak empat organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Kabupaten Minahasa mendapat sorotan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa.

Hal ini terkait, serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kabupaten Minahasa tahun 2022 yang disuntik di bidang kesehatan, pembangunan, pendidikan, dan pertanian.

"Beberapa dinas terkait harus memaksimalkan serapan anggaran perubahan tersebut untuk kepentingan masyarakat. Tentunya, anggaran paling besar yang diusulkan di APBD Perubahan adalah Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas Pendidikan dan Dinas Pertanian," sebut Ketua DPRD Minahasa, Glady Kandouw, usai rapat paripurna Ranperda Perubahan APBD tahun 2022 di BPU Tondano, Rabu (7/9/2022).

Menurutnya, saat ini, Dinas Kesehatan masih terus mencegah penyebaran Covid-19 dengan cara memberikan vaksin kepada masyarakat. 

Baik itu vaksin pertama, kedua, dan ketiga, bahkan keempat. Dengan begitu, suntikan anggaran perlu dilakukan. 

"Bukan hanya penanganan Covid-19, tapi juga pengendalian penyakit lainnya perlu dilakukan pencegahan," kata Kandouw. 

Baca juga: Manager Ditangkap Polisi Manado Sulawesi Utara, Lokasi SPA Terpantau Masih Beroperasi

Baca juga: PSI Kepulauan Talaud Sulawesi Utara Optimis Hadapi Pileg 2024

Sementara itu, Dinas PUPR sendiri merupakan OPD yang bersentuhan dengan pembangunan. 

Dinas Pendidikan juga sangat diperlukan dalam situasi sekarang, termasuk kesejahteraan para guru. 

"Sedangkan Dinas Pertanian sendiri, tugasnya ada mengantisipasi swasembada pangan dan lebih kepada pemberdayaan masyarakat," jelas Kandouw.

Ft. Mjr Cap DPRD Minahasa Sorot Kinerja Empat OPD di Minahasa
Ketua DPRD Minahasa, Glady Kandouw. DPRD Minahasa sorot kinerja empat OPD di Minahasa, minta percepat serapan anggaran APBD tahun 2022

Kendati begitu, dirinya memberi peringatan kepada OPD tersebut terkait serapan anggaran. 

"Jangan sampai sudah ada anggaran cukup besar, tapi tidak dipergunakan secara maksimal. Seperti contoh tahun 2021 lalu, anggaran di Dinas Kesehatan banyak sekali yang tersisa atau Siltap," tegas Kandouw.

Ia pun menyampaikan bahwa pihak legislatif tentunya sangat mendukung apa yang dilakukan Pemkab Minahasa terkait kepentingan masyarakat.

Baca juga: Sosok Kak Jill Gorden Selebgram Tiktok. Nasibnya Sekarang Diubah Tuhan, Semuanya Dalam Sekejap

Baca juga: Hari Ini 2 Bulan Tewasnya Brigadir J, Motif Belum Terungkap, Kini Ferdy Sambo Diperiksa Lie Detector

"Pada dasarnya, jika itu untuk kepentingan masyarakat, terutama bagi yang terdampak Covid-19. Kami tentunya sangat mendukung apa yang dilakukan pemerintah dalam hal ini kepemimpinan ROR-RD," pungkas Kandouw.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved