Breaking News:

Manado Sulawesi Utara

Sambangi Rutan Manado Sulawesi Utara KadivPAS Berikan Penguatan Implementasi UU Nomor 22 Tahun 2022

Kusnali menyambangi Rumah Tahanan Negara Kelas (Rutan) IIA Manado untuk memberikan penguatan kepada seluruh pegawai Rutan Manado

Penulis: Rhendi Umar | Editor: Chintya Rantung
IST
Kadivpas saat menyambangi Rutan Manado Sulawesi Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan sudah disahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 3 Agustus 2022.

Undang-undang ini menegaskan sistem Pemasyarakatan yang dilaksanakan berdasarkan asas pengayoman, nondiskriminasi, kemanusiaan, gotong royong, kemandirian, proporsionalitas, kehilangan kemerdekaan sebagai satu-satunya penderitaan, dan profesionalitas.

Undang-Undang ini hadir untuk menggantikan Undang Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan yang dianggap sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan zaman saat ini.

Untuk menindaklanjuti pengesahan undang-undang ini, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara (Kusnali) melakukan penguatan terkait UU Nomor 22 tahun 2022 ini kepada Satuan Kerja Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Utara.

Kusnali menyambangi Rumah Tahanan Negara Kelas (Rutan) IIA Manado untuk memberikan penguatan kepada seluruh pegawai Rutan Manado terkait implementasi dari UU Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan, Selasa (6/9/2022).

"Pembaharuan undang-undang Pemasyarakatan ini membuktikan bahwa Pemasyarakatan Indonesia terus bergerak maju. Kita sebagai Petugas Pemasyarakatan harus dapat beradaptasi dengan cepat. Implementasikan undang-undang ini di satuan kerja kita dengan sempurna," pesan Kusnali kepada seluruh teamworknya di Rutan Manado.

Dalam kesempatan ini, Kusnali juga menyampaikan terdapat 3 kunci untuk menciptakan lingkungan Lapas/Rutan yang aman.

Pertama, menjaga kekompakan sesama petugas. Kedua, memberikan hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 7 Tahun 2022 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat serta Edaran Dirjenpas Nomor Pas-20.OT.02.02 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemenuhan Bersyarat Terhadap Narapidana. Dan yang terakhir adalah melaksanakan tugas sebagai ASN dengan baik dan benar.

"Lakukan dengan cermat dan penuh kehati-hatian terkait langkah yang akan diambil dalam membebaskan narapidana ataupun tahanan," pungkas Kusnali. (Ren)

Baca juga: Pernyataan Suharso Monoarfa Setelah Diberhentikan dari Ketum PPP: Jangan Provokasi Hal Tidak Benar

Baca juga: Citra Polri di Mata Publik Usai Mencuatnya Kasus Ferdy Sambo, Dicecar dengan Nada Negatif

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved