Sulawesi Utara

KPU Sulawesi Utara Gelar Rakor Pantau Perkembangan Verifikasi Administrasi Parpol

KPU Sulawesi Utara menggelar rapat koordinasi (rakor) memantau perkembangan tahapan verifikasi administrasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024.

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Chintya Rantung
IST
KPU Sulawesi Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID - KPU Sulawesi Utara menggelar rapat koordinasi (rakor) memantau perkembangan tahapan verifikasi administrasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024.

Rapat yang dihelat pekan lalu di Aula Kantor KPU Sulut, Jalan Diponegoro, Kota Manado ini untuk menindaklanjuti Keputusan KPU Nomor 309 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Keputusan KPU Nomor 260 Tahun 2022.

Aturan itu tentang pedoman teknis bagi KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota Dalam Pelaksanaan Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD.

Rakor ini diikuti oleh Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Kasubag Teknis Penyelenggaraan dan Parmas, Verifikator utama Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara.

Pelaksana Harian Ketua KPU Sulut, Lanny Ointu mengapresiasi KPU Kabupaten/Kota dalam melaksanakan tahapan verifikasi administrasi.

Ia menyampaikan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk mengetahui progres verifikasi administrasi yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten/Kota.

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Meidy Tinangon menyampaikan sangat penting untuk mempelajari dan menginternalisasi regulasi verifikasi administrasi supaya setiap keputusan yang dibuat sudah sesuai aturan.

“Kami harapkan peran Divisi Hukum dan Pengawasan untuk membackup Divisi Teknis Penyelenggaraan dalam proses tahapan verifikasi administrasi termasuk tanggapan masyarakat yang disampaikan ke KPU Kabupaten/Kota,” ujar Mantan Ketua KPU Minahasa ini.

Sementara itu, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Yessy Momongan memaparkan materi mengenai perbandingan ketentuan yang diatur dalam Keputusan KPU nomor 260 Tahun 2022 dengan Keputusan KPU nomor 309 Tahun 2022.

“KPU Kabupaten/Kota harus intens melaporkan perkembangan pekerjaan verifikasi administrasi ke KPU Sulut,” ucap Mantan Ketua KPU Sulut.

Turut hadir dalam rakor ini Pejabat Struktural Eselon III dan Jajaran Sekretariat KPU Sulut yang tergabung dalam Tim Helpdesk. (ryo)

Baca juga: Gempa Bumi Guncang Jawa Timur Rabu 7 September 2022 Info BMKG, Ini Data Magnitudo

Baca juga: Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey Kagumi Sosok Pahlawan Robert Wolter Mongisidi

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved