Minahasa Sulawesi Utara

Dinilai Asal Jadi, Warga Keluhkan Rehabilitasi Ruas Jalan Rinegetan Tuutu Minahasa Sulawesi Utara

Rehabilitasi Ruas Jalan Rinegetan Tuutu, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, justru dikeluhkan warga karena dinilai asal jadi

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Isvara Savitri
Tribunmanado.co.id/Mejer Lumantow
Rehabilitasi Ruas Jalan Rinegetan Tuutu, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa banjir keluhan warga, Senin (5/9/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MINAHASA - Rehabilitasi Ruas Jalan Rinegetan Tuutu, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, banjir keluhan warga.

Bagaimana tidak, rehabilitasi akses jalan menuju Kantor Bupati Kabupaten Minahasa tersebut dinilai asal jadi.
 
Padahal, anggaran yang digelontorkan dari APBD Minahasa oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk Rehabilitasi Jalan Dalam Kota Tondano mencapai Rp 7,2 Miliar, dikerjakan oleh Kontraktor CV Karya Mulia Indah.

Dari pantauan Tribunmanado.co.id, Senin (5/9/2022), kondisi jalan terlihat penuh lubang dan bebatuan kerikil sisa dari pengaspalan. 

Padahal, rehabilitasi jalan tersebut baru saja selesai dikerjakan, namun tampak rusak akibat air hujan dan kendaraan yang melintas diruas jalan.

Salah satu warga, Kelurahan Rinegetan, Kecamatan Tondano Barat, Ando Mantik, mengatakan kalau jalan di depan tempat usahanya itu sangat mengganggu, karena setiap hari usahanya sering masuk debu.

Baca juga: Buruh ke Jokowi: Kalau Sudah Tak Mampu Memimpin Negeri yang Kaya Raya Ini, Mending Resign Aja!

Baca juga: Warga Minta Gaji Naik Usai Harga BBM Berubah, Mahasiswi Manado Sulawesi Utara Singgung Jajan Sekolah

"Maksud baik pemerintah memperbaiki jalan di pusat Kota Tondano patut diapresiasi. Namun, kalau pekerjaan seperti ini tidak selesai, tentu sangat merugikan kami," keluh Mantik kepada Tribunmanado.co.id saat ditemui dilokasi tersebut.

Bahkan, kata dia, perbaikan jalan ini sudah berlangsung satu bulan lebih, tapi bukannya bermanfaat bagi pengguna jalan, namun menambah banyaknya kubangan. 

"Selain jalan berlubang, setiap hari kami warga di jalan ini menerima debu yang berasal dari jalan tersebut. Untuk itu, kami warga Kelurahan Rinegetan meminta Dinas PUPR Kabupaten Minahasa segera menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai," ungkap Mantik.

Rehabilitasi Ruas Jalan Rinegetan Tuutu, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa
Rehabilitasi Ruas Jalan Rinegetan Tuutu, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa banjir keluhan warga, Senin (5/9/2022).

Senada, Ricky salah satu pengguna jalan ikut mengeluhkan kondisi tersebut.

"Baru selesai dibangun tapi jalannya rusak, lebih baik tidak usah direhabilitasi, kami pengguna jalan justru kecewa, apalagi jalan kontur jalan yang tidak rata bisa rawan kecelakaan," keluh Ricky. 

Terkait hal ini, saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Minahasa melalui Kepala Bidang Bina Marga, Melanie Matindas, mengatakan bahwa ruas jalan tersebut masih akan dilakukan perbaikan. 

Baca juga: Kenaikan Harga BBM Subsidi, Tarif Angkutan Umum Bus Manado - Makassar Naik Rp 50 Ribu 

Baca juga: Suharso Monoarfa: Jangan Bawa Nama Presiden Jokowi di Konflik Internal PPP, Saya Ketua Umum Sah

"Nanti akan diperbaiki hingga tuntas, itu kan baru pengerasan, nanti akan dilapisi aspal," kelit Matindas.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved