Bolsel Sulawesi Utara

Pesan Bupati Bolsel Sulawesi Utara kepada Para SKPD dan Desa Tentang Capaian PAD

Pesan Bupati Bolsel Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kepada Para SKPD dan Desa Tentang Capaian PAD.

Penulis: Indra Wahyudi Lapa | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Indra Lapa
Bupati Bolsel hadiri dan memberikan sambutan pada acara rapat evaluasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2022, di Wilayah Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang UKI, Bolsel, Sulawesi Utara, Senin (5/9/2022). 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H Iskandar Kamaru menghadiri rapat evaluasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2022.

Di mana, kegiatan tersebut dirangkaikan dengan Lounching Sistem Informasi Pajak Terintegrasi (SI-PATEN) serta sosialisasi Aplikasi Petik Bunga dan Kanal Pembayaran Digital BSG.

Kegiatan bertempat di Wilayah Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang UKI, Bolsel, Sulawesi Utara, Senin (5/9/2022).

Bupati Bolsel H Iskandar Kamaru menyampaikan bahwa PAD merupakan indikator penilaian utama, penilaian tingkat kemandirian fiksal di Daerah.

"Semakin tinggi PAD suatu Daerah maka semakin rendah pula ketergantungan kita terhadap dana treansfer pemerintah pusat," ujar Bupati.

Ia mengatakan, pada capaian PBB masih terdapat Desa yang progres realisasinya Masi dikisaran 40 an persen yang batas pelunasan PBB hanya tanggal 30 November.

"Saya meminta yaa kepada para kepalah SKPD pengelola PAD dan Desa yang capaian PAD maupun PBB nya yang masih jauh dari yang ditargetkan agar segera melakukan optimalisasi penagihan,”

“Agar apa, yang sudah ditargetkan dapat tercapai dan untuk para Camat, saya meminta agar lebih aktif lagi melakukan evaluasi mingguan atas capaian di tiap Desa yang ada di wilaya masing-masing," pintanya.

Iskandar pun memberikan apresiasi serta atensi bagi desa maupun SKPD yang progres capaian yang realisasi PBB maupun PAD nya sudah maksimal.

"Tentu saya memberikan apresiasi serta atensi yang besar atas kerja dan upaya yang telah kalian capai dan berharap hal tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan kedepannya," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved