Sitaro Sulawesi Utara

Akhirnya Warga Biaro Kabupaten Sitaro Sulawesi Utara Bisa Nikmati Listrik 24 Jam

Warga Pulau Biaro, Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, akhirnya bisa merasakan listrik selama 24 jam. Warga Biaro telah menunggu selama 22 tahun.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Isvara Savitri
Tribunmanado.co.id/Istimewa
Bupati Evangelian Sasingen saat melaunching layanan listrik 24 jam di Pulau Biaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SITARO - Masyarakat di Pulau Biaro, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara, kini bisa menikmati layanan listrik 24 jam.

Penantian selama 22 tahun itu akhirnya terwujud setelah pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) menambah mesin pembangkit listrik di daerah berjuluk Tanah Kolo-Kolo itu.

Dimulainya pengoperasian layanan listrik 24 jam tersebut diresmikan langsung Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen, pada Kamis (1/9/2022) di Kantor PLN Biaro di Kampung Dalinsaheng Kecamatan Biaro.

"Suatu momen yang luar biasa kita dipertemukan dalam acara yang ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Biaro, yaitu launching listrik PLN 24 jam," kata Sasingen.

Atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Sitaro, khususnya yang bermukim di Pulau Biaro, Sasingen menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas atensi yang diberikan pihak PLN.

"Terima kasih PLN yang telah mendengar keluhan dan permohonan masyarakat, pemerintah bahkan DPRD terkait layanan listrik di Pulau Biaro. Setelah sekian lama dinantikan akhirnya masyarakat Biaro dapat menikmati listrik 24 jam," ungkap Sasingen.

Baca juga: Polres Minahasa Selatan Gelar Konferensi Pers Pengungkapan Kasus Penyalahgunaan BBM Dan Judi

Baca juga: Harga-harga Naik, Nilai Tukar Petani Sulawesi Utara Bulan Agustus 2022 Turun Tipis 0,73 Persen

Menurut Sasingen, pelayanan listrik 24 jam menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat mengingat mayoritas penduduk di Pulau Biaro berprofesi sebagai nelayan.

Selain itu, adanya listrik 24 jam diyakini mampu menopang upaya pemerintah dalam mendongkrak pengembangan pariwisata di Pulau Biaro hingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"PLN (listrik) 24 jam sangat membantu daerah untuk peningkatan ekonomi dan pengembangan sektor pariwisata," ujar Sasingen.

Bupati Evangelian Sasingen saat melaunching layanan listrik 24 jam di Pulau Biaro.
Bupati Evangelian Sasingen saat melaunching layanan listrik 24 jam di Pulau Biaro.

"Apalagi masyarakat Biaro yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan sangat perlu listrik untuk mendinginkan ikan hasil tangkapan. Ini menjadi satu kemajuan yang luar biasa bagi Biaro," kuncinya.

Terpisah, Koordinator PLN Biaro ULP Tagulandang, Edy Wirajaya yang dihubungi Tribunmanado.co.id menyebut, terdapat empat mesin pembangkit listrik yang akan melayani kebutuhan kelistrikan di Pulau Biaro.

"Total daya terpasang 550 kW unit satu, dua, tiga dan empat. Daya mampu total 325 kW. Sedangkan beban puncak di Pulau Biaro 168 kW," terang Edy melalui pesan Whatsapp, Jumat (2/9/2022).

Baca juga: Isu Harga BBM Naik, Sejumlah Kendaraan Antri di SPBU Tuminting Manado Sulawesi Utara

Baca juga: Akhirnya Terungkap Fakta-fakta Foto Jenazah Brigadir J Usai Dieksekusi, Diungkap Komnas HAM

Dengan adanya kapasitas tenaga listrik yang dimiliki PLN Biaro saat ini, Edy menyebut layanan 24 jam untuk masyarakat Pulau Biaro diharapkan bisa berjalan optimal.

"Semoga kami bisa memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat di Pulau Biaro," harapnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved