Talaud Sulawesi Utara

Selang Tahun 2022, Ada 1 Kasus Gantung Diri di Talaud Sulawesi Utara

Untuk data kasus bunuh diri di Talaud didominasi oleh anak muda dan saat ini tercatat dari bulan Januari 2022 sampai bulan September ada 8 kasus

Penulis: Ivent Mamentiwalo | Editor: Chintya Rantung
Ivent/Tribun Manado
Kasat Reskrim Polres Talaud Iptu I Gusti Andre 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Dandung Putut Wibowo melalui Kasat Reskrim Polres Kepulauan Talaud Iptu I Gusti Made Andre, Kamis (1/9/2022) kepada Tribun Manado mengatakan angka kasus bunuh diri dengan cara minum racun serangga saat ini terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Untuk data kasus bunuh diri di kabupaten kepulauan Talaud didominasi oleh anak muda dan saat ini tercatat dari bulan Januari 2022 sampai bulan September ada 8 kasus 1 diantara kasus gantung diri dengan korban Ornald Haris Arunde (30) Tahun Warga Rainis.

Dikatakannya, dengan meningkatnya angka kasus bunuh diri di kabupaten Talaud saat ini perlu menjadi atensi semua pihak.

Kasat menambahkan dimana setelah kami analisa dan evaluasi selama kurun waktu beberapa bulan berjalan dari bulan Januari sampai September terjadi 8 kasus dan korbannya didominasi generasi muda.

Dengan meningkatnya kasus tersebut maka dihimbau kepada generasi muda agar hal semacam ini tidak terjadi lagi.

"Imbauan ini bukan hanya untuk generasi muda tetapi untuk seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud," ujar Kasat Reskrim yang dikenal ramah dengan para awak media ini.

Dirinya menambahkan, generasi muda merupakan pondasi negara, penerus pembangunan dan harapan kemajuan bangsa sehingga juga diharapkan kepada orang tua untuk dapat memberikan edukasi baik formal maupun non formal terkait barang berbahaya seperti racun hama atau insektisida.

Selain itu Kasat Reskrim juga memotivasi para generasi muda untuk dapat berpikir visioner, meningkatkan iman dan taqwa, berpikir dan melakukan hal hal yang positif.

Diketahui, sepanjang bulan Januari hingga September 2022, Talaud mengoleksi 7 kasus warga yang nekat mengakhiri hidupnya dengan menenggak racun hama penggerek batang pohon merk spontan dan 1 korban gantung diri maka jumlah keseluruhan ada 8 kasus bunuh diri.

Berbeda di tahun 2021 ada 13 Kasus Yang sama terjadi dan Mirisnya, aksi nekat berujung maut tersebut dilakukan generasi muda berusia belasan tahun ungkap Kasat.

Pengingat

Berita ini tidak ditujukan untuk menginspirasi kepada siapa pun untuk melakukan tindakan serupa.

Bagi pembaca yang merasakan gejala depresi dengan kecenderungan berupa pemikiran untuk bunuh diri, segera konsultasikan persoalan Anda ke pihak-pihak yang dapat membantu.

Anda bisa menghubungi  psikolog, psikiater, ataupun klinik kesehatan mental setempat.

Bisa juga Anda berkonsultasi ke Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. VL. Ratumbuysang di Jalan Bethesda No. 77, Sario Kotabaru, Manado, Sulawesi Utara.(Iv)

Baca juga: Kisah Pilu Artis Cantik Puteri Sarah, Empat Tahun Diselingkuhi Suami, Kini Dibahagiakan Lelaki Ini

Baca juga: Profil Brigjen Gupuh Setiyono, Karo Provos Propam Polri Baru, Terima Kenaikan Pangkat dari Kapolri

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved