Breaking News:

Minut Sulawesi Utara

BPIP RI Beri Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila untuk ASN Minut Sulawesi Utara

Joune Ganda mengatakan apresiasi, salut dan bangga atas kunjungan dari BPIP RI yang menyampaikan dan mensosialisasikan Pancasila.

Penulis: Fistel Mukuan | Editor: Chintya Rantung
fistel mukuan/tribun manado
Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jajaran Kabupaten Minahasa Utara. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - JPM Mapalus Sulut dan JPM Klabat Minut didukung pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, membuat kegiatan Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jajaran Kabupaten Minahasa Utara.

Kegiatan ini dilaksanakan di JG Centre Jalan Ir Soekarno, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Rabu (31/8/2022).

Turut hadir perwalikan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) yakni Mohammad Sabri, Direktur Pengkajian Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Minut Joune Ganda bersama jajarannya Staf Khusus, Asisten, Para Kepala Dinas, Camat dan Lurah serta semua Hukum Tua.

Joune Ganda mengatakan apresiasi, salut dan bangga atas kunjungan dari BPIP RI yang menyampaikan dan mensosialisasikan Pancasila.

Semoga semua yang hadir dari jajaran Pemkab Minut betul-betul memaknai sosialisasi ini.

"Pancasila ini sangat berperan, dengan dasar yang kuat akan menjamin kemajuan sebuah negara," ucap Ketua Asprov PSSI Sulut ini.

Joune Ganda menyebutkan teringat nonstalgia saat masih sekolah pernah mendengar cerita bagaimana Bung Karno dan presiden Yugoslavia.

Yugoslavia saat itu sedang membangun militer yang luar biasa yang saat ini sudah menjadi beberapa negara, lalu Presidennya bertanya kepada Bung Karno, apa yang mendasari negara untuk mempertahankan negara yang begitu besar dengan ribuan suku.

Lanjutnya, Bung Karno hanya menjawab Indonesia punya Pancasila untuk membangun negara.

Kamudian dikatakan Joune Ganda, mendengar jawaban Bung Karno, presiden Yugoslavia bertanya, bagaimana mau membangun negara besar hanya dengan lima sila apakah mampu dipertahankan.

"Sejarah akhirnya membuktikan Yugoslavia kini sudah tercerai berai,sedangkan Indonesia sekarang dan sampai selamanya akan tetap ada hanya dengan Pancasila sebagai dasar negara," ungkap Bupati disambut tepuk tangan para jajaran yang hadir.

Oleh karena itu Bupati sampaikan semua masyarakat sekarang ini harus bersyukur dan berterima kasih bisa mendapatkan penguatan.

"Penguatan Ideologi Pancasila saat ini bisa kita wariskan kepada anak cucu supaya tetap ada dan eksis," tuturnya.

Joune Ganda berharap ini ada pencerahan dan informasi baru bagaimana Pancasila dalam berbangsa, bernegara dan dalam kehidupan ini.(fis)

Baca juga: Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey Hadir di Sidang Raya XI Dewan Gereja Dunia di Jerman

Baca juga: Akhirnya Terungkap Istri Polisi Selingkuh, Digerebek Suami saat Bersama Anak Kades, Ini Kronologinya

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved