Minahasa Sulawesi Utara

Penjabat Kumtua di 80 Desa Tuai Polemik, DPRD Bakal Panggil 3 Pejabat Pemkab Minahasa Sulawesi Utara

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa akan memanggil sejumlah pejabat Pemkab Minahasa.

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
Mejer/Tribun Manado
Koordinator Komisi 1 DPRD Minahasa Denny Kalangi, panggil sejumlah pejabat Pemkab Minahasa berkaitan dengan penunjukan Penjabat Kumtua di 80 desa. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa akan memanggil sejumlah pejabat Pemkab Minahasa.

Hal ini terkait dengan Polemik penunjukan Penjabat Hukum Tua (Kumtua) di Minahasa dari unsur Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menjadi jadi atensi DPRD Minahasa.

Bahkan, dalam waktu dekat ini, DPRD Minahasa khususnya komisi 1 akan memanggil Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), serta Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setdakab.

"Iya, dalam waktu dekat ini, kami akan hearing Asisten 1, Kadis PMD dan Kabag Hukum," kata Wakil Ketua DPRD Minahasa, Denny Kalangi kepada Tribunmanado.co.id, Rabu (31/8/2022).

Menurut Koordinator Komisi 1 DPRD Minahasa ini, pemanggilan sejumlah pejabat Pemkab tersebut, berkaitan dengan penunjukan Penjabat Kumtua di 80 desa.

"Agendanya adalah menanyakan soal penunjukan penjabat hukum tua di Minahasa. Apakah sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau tidak," sebut Kalangi.

Lanjut dia, pemanggilan sejumlah pejabat ini, dikarenakan sudah ada masukan dari masyarakat agar segera melakukan penunjukan Penjabat Kumtua di 80 desa yang sudah habis masa jabatannya.

"Salah satu masukan dari masyarakat, yaitu penjabat hukum tua harus dari unsur PNS. Nah, itu yang harus kita kaji," jelas Politisi Senior Partai Demokrat tersebut.

Namun begitu, kata Kalangi, jika ada penunjukan Penjabat Kumtua di luar unsur PNS. Mungkin sudah dilakukan koordinasi dengan pemerintah pusat.

"Bisa saja sudah ada komunikasi dengan pusat, sehingga bisa dari luar PNS. Apalagi, baru melewati krisis pandemi Covid-19, sehingga pemerintah memberikan penghargaan kepada Kumtua sebelumnya untuk ditunjuk sebagai pelaksana tugas atau Plh maupun Plt," tandas Kalangi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved