Minsel Sulawesi Utara

Cara Mengetahui Madu Asli ala Refly Moninca Pedagang Madu Hutan di Minsel Sulaweai Utara

Cara Mengetahui Madu Asli ala Refly Moninca Pedagang Madu Hutan di Minsel Sulaweai Utara.

Penulis: Manuel Mamoto | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Manuel Mamoto
Refly Moninca (62), Warga Desa Ongkaw, Kecamatan Sinonsayang, Kabupaten Minsel, Sulawesi Utara, pedagang madu hutan di jalan Trans Sulawesi sekitar perkebunan kelapa Kapitu. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Refly Moninca (62) sehari bisa jualan 7-10 botol madu. 

Warga Desa Ongkaw, Kecamatan Sinonsayang, Kabupaten Minsel, Sulawesi Utara ini adalah pedagang madu hutan di jalan Trans Sulawesi sekitar perkebunan kelapa Kapitu.

Sebelum jualan Madu, Refly menekuni usaha mencari madu di hutan-hutan sekitar Minahasa Selatan sampai ke daerah Bolmong Raya. 

"Saya sudah puluhan tahun mencari madu hutan, untuk saat ini mengingat usia, sudah tidak masuk keluar hutan lagi, naik pohon saja sudah pusing, " ujar Refly kakek dari lima orang cucu ini. 

Refly bilang kalau saat ini anaknya bersama beberapa temannya yang mencari madu di hutan dan dia yang menjual. 

"Saya mengajarkan cara mengambil madu dihutan kepada anak saya dan dia mengajarkan kebeberapa temannya, sampai saat ini Madu yang mereka dapatkan saya yang jual, " kata Refly. 

Selama ini Madu yang didapat dijual Refly secara berkeliling dari satu kampung ke kampung lain di Minsel dan Bolmong raya dan akhirnya memilih jualan di kawasan perkebunan kelapa Kapitu. 

"Sudah sekitar tiga tahun ini saya jualan di Kapitu, buka tenda kecil dan hasilnya lumayan karena saya sudah dapat beberapa langganan tetap dari Manado, Kotamobagu, Gorontalo bahkan ada juga langganan dari Makasar," tutur Refly. 

Tidak setiap hari ada madu yang bisa dia jual. 

"Kadang seminggu tidak ada Madu yang dapat dari hutan, sehingga saya tidak jualan, " kata Refly. 

Kepada Tribun Manado, Sabtu (27/8/2022) Refly menunjukan cara mengetahui Madu asli. 

"Untuk mengetahui Madu itu asli atau tidak ada beberapa cara diantaranya korek api yang dicelupkan ke Madu kalau dibakar menyala tandanya madunya asli.

Selain itu kalau di tuang di kertas tidak akan merembes bagian bawah kertas tetap kering, ada juga Madu ditaru di freezer tidak akan beku sampai bertahun-tahun," jelas Refly sambil langsung mempraktekkan . 

Harga madu yang dia jual kisaran Rp 100.000,- sampai Rp 150.000,- per botol, sementara harga per botol dia ambil dengan harga Rp 75.000,- sampai Rp 85.000,- dari anaknya. (Isak) 

Roadshow Multi Media GMIM di Bitung Sulawesi Utara, Pdt Hein Arina Sebut Dunia Alami Perubahan Cepat

Pantas Uang Pensiun DPR dan PNS Dianggap Membebani APBN, Ternyata Begini Skema Pembayarannya 
 

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved